tutupradiatorgrandvitaraKecil mungil tapi jangan anggap sepele tutup radiator mobil, karena ada beberapa komponen yang terdapat di dalamnya yang punya peran penting. Salah satu fungsi utamanya adalah untuk menjaga atau mengontrol tekanan temperatur mesin dalam sistem pendingin mobil. Komponen yang ada di tutup radiator di antaranya, katup tekan & katup vakum & kedua katup ini bertugas secara bergantian mengeluarkan & menghisap, sehingga air berputar dari tangki reservoir / cadangan ke radiator.
Jika kedua katup yang terdapat pada tutup radiator rusak, menyebabkan sirkulasi air menjadi tidak optimal & bahkan lama kelamaan volume air radiator semakin berkurang, karena tumpah keluar melalui tangki reservoir.

Rusaknya tutup radiator bisa disebabkan dari usia pakai & sering dibuka tutup, katup vakum yang rusak membuat air keluar lewat tutup radiator & meninggalkan bekas kerak berwarna keputihan.
untuk mengetahui kerusakan komponen ini juga bisa dilihat dari tabung reservoir, caranya periksa ketinggian permukaan air di tabung reservoir, apabila tabung resevoir selalu penuh & air keluar dari selang tutup tangki, ini tanda tutup radiator minta diganti baru.

Tipsnya :
– Rebus tutup radiator selam kurang lebih 30mnt dari awal air mendidih, saat merebus posisi tutup radiator terendam semua.
– Lepas & bersihkan tabung resevoir sampe bersih, lalu pasang kembali.
– Isikan tabung resevoir tersebut dengan cairan yamaha coolant.

//Paman Erwin

Author: admin

An ordinary admin. Enjoying every little progress that made for being id-GV known by others trough social media and online site.

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Upcoming Events

Categories