Artikel berikut akan mengulas cara menghilangkan baret2 di kaca mobil Grand Vitara kita. Sharing dari suhu Uncle Erwin ini semoga bisa membantu para sahabat idGV dengan keluhan yang sama.

Sebelum menghilangkan baret2 yang biasa terjadi pada kaca, sebaiknya mengetahui terlebih dahulu penyebab dan jenis baret atau goresan yang biasanya sering terjadi pada kaca-kaca mobil kita.

– Baret wiper.
Baret atau goresan yang satu ini disebabkan oleh gerakan karet wiper yang terus menerus hingga membentuk pola yang akan terlihat seperti garis garis halus pada kaca depan mobil. Faktor penyebab baret pada kaca mobil ini biasanya disebabkan oleh karet wiper mobil yang sudah keras dan kaku atau juga dapat dikarenakan penggunaan wiper yang salah.

– Baret power window.
Baret yang disebabkan karena naik turunnya kaca di pintu mobil.

– Baret acak.
Jenis goresan ini biasanya terlihat tidak beraturan bentuknya (acak). Beberapa faktor dapat menjadi penyebab baret ini antara lain adalah pemakaian obat jamur kaca atau pembersih kaca mobil yang tidak benar.

– Goresan sangat kecil/halus.
Cara menghilangkan baret kaca mobil akibat wiper dengan goresan kecil tergolong sangat mudah.bila kaca mobil hanya tergores sedikit, cara yang dapat digunakan adalah:

1. Menggunakan pasta gigi sebagai bahan untuk menghilangkan goresan kecil pada kaca mobil.
Ambil sedikit pasta gigi dan usapkan pada kain yang lembut. Di sarankan menggunakan pasta gigi yang mengandung backing soda, gosokkan pada bagian kaca mobil anda yang terkena goresan kecil tersebut & di ulangi langkah tersebut sesuai dengan kebutuhan & setelah itu bersihkan sisa pasta gigi yang masih menempel pada kaca mobil. Perhatikan dan periksa apakah goresan kaca mobil anda memudar atau tidak jika di lihat masih maka lakukan lagi sampe goresan2 sedikit tersamarkan.

2. Menggunakan cairan amonia
Campurkan sekitar 3 cangkir atau kurang lebih 1/2 liter air dengan 15 ml amonia (sekitar 1/2 ons) dan aduk hingga merata Celupkan kain bersih yang lembut ke dalam cairan tersebut
lalu gosokkan kain tersebut pada bagian kaca mobil yang terkena goresan dengan gerakan memutar
setelah selesai segera bersihkan sisa amonia pada kaca mobil & ulangi langkah diatas hingga goresan pada kaca mobil memudar.

– Goresan yang diakibatkan oleh wiper merupakan baret yang tipis namun terkadang juga dapat menimbulkan baret yang cukup dalam.
Bagi yang ingin mencari goresan tersebut , dapat mencoba untuk meraba permukaan kaca depan mobil.bila terdapat bagian yang menonjol dan bergesekan dengan tangan maka di situlah terdapat goresan atau baret. Nah untuk menghilangkan baret pada kaca depan mobil yang disebabkan oleh wiper dapat menggunakan cara ini

Siapkan bahan yang dibutuhkan:

– Bubuk poles kaca/cerium oxide
– Amplas halus ukuran 200
– Air
– Selotip dan koran bekas
– Alat polish pad

Langkah untuk menghilangkan baret pada kaca mobil:

– Lakukan mencuci kaca depan mobil hingga bersih.
Kalau perlu, gosok kaca mobil lebih keras daripada biasanya agar kotoran yang melekat pada kaca mobil dapat terangkat semua.

– Gosokkan amplas pada bagian kaca mobil yang terdapat goresan.
Lakukan proses tersebut hingga permukaan kaca depan mobil menjadi rata, usahakan untuk menggosok kaca dalam keadaan yang basah (sambil di tetesin air) untuk mengurangi panas yang diakibatkan dari gesekan amplas dan kaca.

– Setelah itu bersihkan kaca depan mobil dan tunggu hingga mengering.
Kemudian letakkan koran atau kertas pada bagian pinggir kaca, hal ini dilakukan agar bubuk bubuk poles kaca tidak akan mengenai bagian body mobil & diberi selotip agar tidak berpindah.

– Campurkan bubuk poles kaca dengan air lalu aduk semua bahan hingga menghasilkan campuran yang memiliki konsistensi sedang.
Yang dimaksud sedang disini adalah adonan tidak terlalu encer namun juga tidak terlalu kental.

– Selanjutnya ambil polish pad atau alat pemoles lalu poleskan pada bagian kaca mobil yang terkenna baret wiper tadi.
Basahi sedikit permukaan kaca mobil yang akan dipoles.jangan terlalu lama ketika menggosokkan kaca mobil anda pada satu bagian tempat , hal ini untuk mengurangi panas akibat gesekan yang terjadi , gosok satu persatu bagian kaca depan mobil yang baret secara bergantian.

Saat menggosok selalu berikan/teteskan air sedikit2 agar saat bergesekan tidak menimbulkan panas yang berlebih. Jika tidak ada polish pad, juga bisa make kain lembut, basahi sedikit kain dengan cairan poles kaca lalu gosokkan pada permukaan kaca yang terdapat baret. Gosokkan dengan perlahan namun pasti & beri tekanan pada saat menggosok agar cairan dapat masuk kedalamnya.

– Setelah semua proses selesai di lakukan maka lap semua sisa kotoran yang menempel selama proses dengan menggunakan lap lembut yang bersih.

– Selain baret pada kaca mobil, sebenarnya ada beberapa hal yang juga sering terjadi pada kaca mobil dan mutlak di hindari seperti :

  • Buram, flek
    Sebabnya adalah karena salah dalam pemakaian obat jamur sehingga kaca mobil seperti berkabut dan membuat pandangan menjadi terganggu.
  • Noda jamur
    Akibat dari bekas stiker yang biasanya tertempel pada kaca kaca mobil.

Jadi begitu yah, semoga bisa bermanfaat.

Kaca Mulus tanpa baret di Grand Vitara

Author: admin

An ordinary admin. Enjoying every little progress that made for being id-GV known by others trough social media and online site.

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Upcoming Events

Categories

Follow me on Twitter

ADS