Judul pelajaran hari ini adalah tentang oli gardan & oli transmisi atau oli transmisi & oli gardan.

Selama ini yang sering kita bahas adalah :
– Mengganti oli mesin.
– Merk oli nya.
– SAE nya.
– Api service nya.
– Sampe ke harga nya.
Mbok ya diperhatikan juga, selain oli mesin ini masih ada komponen utama lainnya yang juga memiliki juga perlu pelumasan, opo kuwi ?? Ya itu… oli gardan & oli transmisi.

Inipun juga mepunyai peran penting & ojo di remehno, penggantian oli gardan & transmisi kerap terlupakan. Padahal keduanya juga wajib diganti secara berkala agar tidak berhenti atau macet secara ujug2 lah (ujug2 iki tiba2)

Gardan atau differensial yang terdapat di mobil penggerak roda belakang ini berfungsi meneruskan tenaga putar yang dihasilkan mesin menuju roda. Komponen tersebut umumnya terpasang di bagian tengah poros roda belakang.

Transmisi bertugas untuk mentransfer putaran dan tenaga mesin ke roda, sehingga mobil hanya dapat bergerak maju dan mundur tapi tidak naek dan turun & tanpa adanya transmisi lalu hanya mesin yang berputar/hidup, ya tidak berarti apa-apa akhir kata ndekem tok.

Oli gardan berfungsi mencegah keausan crown wheel gear dan pinion gear yang ada di dalam gardan.

Oli transmisi yang ada pada mobil manual maupun matic berfungsi untuk memperhalus pergantian gigi dan mencegah agar tidak mudah aus.

Nahhhh ,,, interval penggantian oli gardan sama dengan oli transmisi manual, yakni bisa bertahan sampai setiap 10 ribu kilometer dengan catatan memakai merk oli yang berkualitas lho yaaa & untuk oli transmisi mobil matic bisa bertahan sampai 20 ribu kilometer juga tergantung kualitas merk olinya pisan.

Membiarkan oli yang sudah melewati batas pemakaian terlalu lama/lewat batas waktu ini , pasti akan menimbulkan masalah di gardan. Salah satunya timbul suara mendengung & dengungan ini muncul lantaran komponen yang ada di dalam gardan maupun transmisi mengalami gesekan yang saat bergesekan ini karena usia oli sudah melewati batas pake maka oli tidak mampu lagi melumasi dengan sempurna.
Penyebab suara dengung bisa dari :
– Oli yang berkurang kapasitasnya.
– Oli dengan tingkat viskositas yang sudah tidak sesuai dengan kualifikasi yang disyaratkan untuk gardan.

Sekarang untuk mencegah kerusakan lebih parah yang bisa menguras dana besar, penting melakukan pengecekan secara berkala. Dengan mengganti oli yang sesuai dengan spesifikasi pabrikan , sehingga gardan dapat bekerja lebih optimal sekaligus menjaga kondisinya lebih awet.

note :
untuk GV manual baek 2.0 & 2.4 sae oli
transmisi 75w90
gardan 80w90
atau mau di samakan antara oli transmisi & oli gardan juga bisa.

Bagaimana cara mengganti oli gardan

Author: admin

An ordinary admin. Enjoying every little progress that made for being id-GV known by others trough social media and online site.

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Upcoming Events

No results found.

Categories

ADS