engine mounting grand vitara
Engine mounting merupakan part yang digunakan untuk menjaga keseimbangan mesin mobil atau dapat dibilang sebagai pegangan mesin ke chasis. Mesin boleh saja bergoyang & bergetar saat berakselarasi maupun deselarasi tapi bodi mobil harus tetap senyap agar penumpang merasa nyaman & sama sekali tidak merasakan getaran dampak dari mesin.

Karena berbahan dasar karet yang fleksibel namun tetap kokoh, engine mounting akan mengalami gejala kerusakan yang mengganggu kenyamanan berkemudi seiring dengan berjalannya waktu. Tidak hanya masalah mesin yang bergoyang tidak karuan namun juga bisa merembet ke pipa knalpot pecah akibat tertindih mesin hingga as roda yang menjadi rusak & terparah mesin bisa ambrol / jatuh.
engine mounting dikategorikan sebagai komponen slow moving & bisa dibilang sangat jarang penggantian pegangan mesin ke sasis ini. Tentunya, tidak semuanya minta tukar baru & jika diperhatikan penggantiannya seolah mempunyai giliran tersendiri.

– Ciri-ciri Engine Mounting Rusak
Beberapa ciri atau tanda-tanda jika engine mounting minta diganti :
1. Saat mesin distarter biasanya akan terdengar bunyi gluduk atau gludug jika karet engine mounting rusak atau karet engine mounting sudah sobek.
2. Saat melepas kopling setelah memasukkan gigi persneleng , ketika putaran mesin terhubung dengan beban , maka mesin akan mengayun dan terdengar bunyi yang khas dug-dug yang terdengar agak dalam.
3. Ketika mobil jalan & melewati jalan kasar & terjadi ayunan pada mesin , bunyi dari engine mounting yang rusak akan terdengar.
4. Saat lepas gas biasanya juga akan terdengar suara gludug dari ruang mesin & ini tergantung dari seberapa parah tingkat kerusakan engine mounting tersebut.

Tips:
Segerakan cek kondisi engine mounting di unit, jika terlihat sudah retak atau sobek ,,, segerakan di ganti. Jangan lupa sekalian cek mounting transmisi untuk unit yang bertransmisi manual.

Thanks paman Erwin
Sumber : Indonesian grand vitara garage

Author: admin

An ordinary admin. Enjoying every little progress that made for being id-GV known by others trough social media and online site.

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Upcoming Events

Categories