sludge neee apa siii & dampaknya ke mesin yak apa ??

sludge atau lumpur oli terjadi dari hasil pecahnya komponen molekul oli yang menerima terlalu banyak tekanan dari mesin & hasil dari proses pembakaran yang di bilas oleh oli.

dampaknya pada mesin ?
sludge berbentuk seperti gel atau jelly yang menempel pada bagian2 mesin mobil & bisa menghalangi perjalanan oli , hal ini malah dapat mencegah aliran jalannya oli ke seluruh bagian mesin sehingga mesin akan bisa mengalami over heat.

maka di butuhkan aliran oli yang normal yang berfungsi memberikan perlindungan terhadap keausan metal2 di mesin & juga berfungsi sebagai pendinginan mesin sehingga suhu panas mesin terjaga di suhu ideal.

ciri sludge ini menyimpan panas , maka berbanding terbalik dengan pelumas yang melepas panas.
maka apabila sludge itu menyimpan panas , maka akan menambah tekanan tambahan pada sistem radiator & pendinginan , maka menjadikan tekanan oli semakin bertambah & berdampak pada bahan bakar menjadi boros.

sludge juga bisa menyebabkan keausan komponen metal di mesin & berpotensi merusak metal dalam mesin & jika ini parah , maka tiada laen adalah overhaul yang di lakukan.

sludge terjadi karena sebab :

– tidak disiplinnya mengganti oli sesuai interval.
– sistem pendinginan mesin tidak sempurna.
– sirkulasi udara di area mesin kurang maksimal.
– aliran udara menuju thorttle tersumbat karena filter udara kotor.
– oktan & kualitas bahan bakar.
– oli berkualitas buruk.
– base oil berkualitas buruk.
– menggunakan jenis oli yang salah.

yang di saran kan :

1. disiplin ganti oli sesuai interval.
– ganti oli sesuai interval salah satu cara wajib dilakukan & sangat penting mengikuti penggantian oli sesuai interval.
– mengganti oli sesuai interval & memakai oli berkualitas baik akan menjaga performa mesin & bisa meminimalis terjadinya sludge.

2. memilih merk , grade , sae oli.
– dengan memilih & menggunakan merk , grade , sae oli yang “salah” akan memberikan kontribusi pada penggosongan oli menjadi semakin cepat / warna oli cepat menghitam.
– beraneka ragam merk oli base synthetic atau fully synthetic yang dapat mengurangi kejadian sludge yang disebabkan oleh suhu tinggi.
namun wajib pahami bahwa hal ini tidak menghilangkan sludging yang disebabkan oleh faktor lainnya.

saat ini tidak ada yang bisa menjamin tidak akan mengalami masalah akibat dari sludge , tapi hal ini dapat diminimalkan risikonya dengan menyesuaikan interval penggantian oli & memakai oli yang sesuai & setiap ganti oli beserta filter oli juga saringan udara adalah salah satu solusinya.

sekedar untuk menambah wawasan.

Author: admin

An ordinary admin. Enjoying every little progress that made for being id-GV known by others trough social media and online site.

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Upcoming Events

No results found.

Categories