Housing Thermostat Grand Vitara

Housing Thermostat Grand Vitara

Apa sih yang tidak tahu tentang Sistem pendingin? semua orang juga pasti tahu bukan sistem pendingin itu seperti apa? dari katanya aja sudah jelas, bahwa sistem pendingin itu untuk mendinginkan suatu mesin. Coba bayangkan jika mobil tidak ada sistem pendingin? bahaya sekali bukan? tanpa sistem pendingin mobil kita akan mengalami panas tingkat tinggi ataupun over hating. Dan kitapun tidak mau jika mobil mengalami panas yang terlalu tinggi. So, pastikan kalian mengetahui pengertian dan komponen-komponen sistem pendingin, agar kalian mudah merawat mobil kalian dengan baik. Berikut penjelasan dari sistem pendingin:
Pengertian Dan Komponen-Komponen Sistem Pendingin (Cooling Fan)
Sistem Pendingin memiliki 2 cara, yaitu:
1. Sistem Pendingin udara
2. Sistem Pendingin air
Fungsi dari sistem pendingin (cooling system) adalah untuk mengatur usuh agar suhu panas mesin selalu terjaga pada temperatur antara 80-90 derajat celcius.
Bagian-bagian dari Sistem Pendingin Air (Cooling System), yaitu:
1. Radiator
2. Reservoir tank
3. Radiator cup
4. Cooling fan
5. Water pump
6. Thermostat
Keuntungan sistem pendingin air adalah mesin menjadi tidak berisik karena ruang pembakaran dikelilingi oleh air yang berfungsi sebagai peredam.
Pengertian Dari Bagian-Bagian Sistem Pendingin (Cooling System)
Berikut adalah pengertian dari bagian-bagian sistem pendingin:
1. Radiator
Berfungsi untuk membuang panas air yang telah bersirkulasi didalam mesin ke udara luar melalui sirip-sirip yang ada pada radiator.
2. Water Pump
Berfungsi untuk mensirkulasikan atau memompakan air pendingin mesin, dari radiator ke mesin biasanya pompa yang di pakai adalah jenis centrifugal dan pompa ini di gerakan dengan tenaga mesin itu sendiri dengan perantara fan belt.
3. Thermostat
Adalah jenis valve otomatis yang beroperasi pada suhu air dingin dan biasanya terdapat pada cylinder Head Water Outlet. Pada waktu mesin dingin, thermostat menutup aliran air pendingin dari radiator ke mesin sehingga memungkinkan pemanasan mesin lebih cepat.
4. Cooling Fan
Berfungsi untuk mensirkulasikan atau mengalirkan udara melalui sirip-sirip yang ada pada radiator. Cara membangkitkan aliran udaranya ada 2 cara, yaitu:
1. Menggunakan kipas (cooling fan).
2. Dengan kendaraan lari cepat.
Cooling fan memiliki 2 macam, yaitu:
1. Di putar menggunakan motor listrik
2. Di putarkan oleh mesin dengan perantaraan tali kipas (fan belt).
5. Tutup Radiator
Tutup radiator memiliki 2 katup, yaitu:
1. Katup tekanan (Relief Valve)
Berfungsi untuk membuang air pendingin ke reservoir pada saat tekanan di dalam radiator naik.
2. Katup vaccum (Vaccum Valve)
Berfungsi untuk memasukan air pendingin ke radiator pada saat tekanan didalam radiator turun.
6. Reservoir Tank
Fungsi: untuk menampung kelebihan air dari radiator pada saat terjadi pemuaian air di dalam radiator, dan mengembalikan air ke radiator pada saat tekanan di dalam radiator turun. Jumlah air di dalam Reservoir harus berada diantara level low dan full.
Mantap kali sistem pendingin itu, bisa mendinginkan suatu mesin dengan baik. Selain itu, banyak sekali keuntungan di dalam sistem pendingin yang bisa kita pelajari. Dengan adanya sistem pendingin kita tidak usah memikirkan bahwa mesin mobil akan mengalami panas tingkat tinggi atau over hating. Walaupun demikian, kita harus merawat sistem pendingin secara berkala, biasanya jika sistem pendingin tidak di rawat secara berkala, maka sistem pendingin tersebut akan mengalami kerusakan. Okeh lah, mungkin hanya itu saja yang bisa kita pelajari tentang sistem pendingin, semoga mobil kalian selalu awet dan terjaga dengan baik!

Author: admin

An ordinary admin. Enjoying every little progress that made for being id-GV known by others trough social media and online site.

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Upcoming Events

Categories