• Kopling Grand Vitara berisik di posisi idle/stasioner? Pernah mengalami gak, pada posisi diam (mesin nyala), kopling seperti ada suara berbisik di bagian bawah? Jika pedal kopling ditekan, suaranya hilang. Posisi idle misalnya habis dipake jalan, bunyinya malah sampai keatas. Kemungkinan besar laher (bearing flywheel/roda gila) nya aus. Coba dilepas, diputer-puter pasti suaranya berisik. Kalau sudah diganti baru, tidak ada suaranya.
  • Sedangkan jika pedal kopling diinjak mengeluarkan suara-suara: kemungkinannya drek laher kopling rusak/aus.
  • Bagaimana jika kopling mobil bergoyang atau bergetar? Kemungkinan yang perlu dicek adalah dekrup matahari sudah aus, flywheel nya bergelombang atau tidak rata.
  • Berikutnya, akibat kampas kopling tips adalah mobil menjadi kurang bertenaga dan nyaris tidak ada akselerasinya.
  • Lalu bagaimana jika mengalami kondisi dimana injakan pedal kopling keras/berat ? Silahkan cek dekrup (matahari), bisa jadi sudah aus. Bisa juga kuku matahari/dekrup ngedrat dalam. Disamping itu bisa jadi master kopling macet, kabel kopling macet, rusak, aus/serat kabel kopling putus.
  • Yang terakhir, jika mengalami kondisi minyak rem atau minyak kopling menyusut maka penyebabnya bisa jadi adalah master kopling atas atau master kopling bawah bocor rembes, netes, telat balik, tidak balik, karet kopling melipat / sobek.

Kalau mau ganti kopling Grand Vitara, sebaiknya jangan satu-satu menggantinya karena sistem kerja kopling adalah satu tim. Belilah satu set: kampas kopling, plat kopling, disc clutch, drek laher, release bearing. Usahakan rutin ganti oli transmisi secara rutin, idealnya tiap 20.000 km atau tiap 1 tahun.
kopling dan kapas kopling

 

Author: admin

An ordinary admin. Enjoying every little progress that made for being id-GV known by others trough social media and online site.

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Upcoming Events

No results found.

Categories

ADS