Lampu HID Grand Vitara

Ada pemahaman yang berbeda mengenai lampu HID & LED, mari kita ulas yaaaa,,,,, Kita ulas dulu bedanya antara lampu HID & LED.

Perbedaan mendasar dari keduanya adalah, jumlah arus listrik yang diserap / yang di konsumsi dan tingkat cahayanya. kalau HID, jelas lebih terang tapi, HID lebih banyak memakan arus listrik ketimbang LED & rangkaian dari HID juga beda banding LED.

HID rata-rata menyerap listrik sebesar 35 watt, LED hanya sekitar setengahnya, alias lebih kecil ketimbang HID. Hal ini yang menyumbang kemampuan lampu HID, memancarkan cahaya yang lebih terang dibanding LED.

Kesimpulannya, lampu HID itu lebih terang dari LED karena faktor lebih banyaknya listrik yang di konsumsi. Namun meski HID lebih silau, tapi cahaya yang dipancarkan tidak fokus dan menyebar. tidak seperti LED yang fokus di satu titik saja.

Minus lainnya dari HID adalah, masih menggunakan bohlam konvensional yang disambung dengan kabel serta ballast & LED berbentuk lempengan, sehingga panas yang dihasilkan, jauh lebih besar HID ketimbang LED.

Ini yang banyak bikin kasus reflektor lampu terbakar ketika mengganti lampu standar menggunakan HID & mengenai harga, HID memang lebih terjangkau ketimbang LED, karena masih menggunakan sistem bohlam.

Dari para pemakai pun banyak yang tidak memperdulikan tingkat kelvin (ukuran sinar HID) yang tinggi & Ini yang menggangu dan harus diedukasi. Makin tinggi kelvinnya, maka cahayanya akan makin pekat jadi biru & ini lah yang menggangu pandangan pengendara lain.

Ada beberapa macam warna cahaya pada HID berdasarkan tingkat Kelvin nya :
– 4.300 K berwarna kuning
– 5.500 K putih kekuningan.
– 6.500 K putih.
– 8.500 K putih-biru.
– 10.000 K biru agak ungu.
– 12.700 K ungu.
– 15.000 K pink.

Note : grand vitara yang memakai lampu jenis HID adalah type JLX. Semakin terang sinar lampu yang dipakai, maka pada saat hujan penyinaran tidak akan sempurna & akan terjadi pembiasan / pemantulan sinar yang dipantulkan oleh air hujan.

//Paman Erwin

Lampu HID Grand Vitara 3 Lampu HID Grand Vitara 2

Author: admin

An ordinary admin. Enjoying every little progress that made for being id-GV known by others trough social media and online site.

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Upcoming Events

Categories