Aki suzuki grand vitaraAkumulator accu adalah sebuah alat / benda yang menyimpan energi, umumnya energi listrik dalam bentuk energi kimia. Contoh akumulator ini baterai & kapasitor, pada umumnya di Indonesia, kata akumulator di sebut sebagai accu & dimengerti sebagai baterai nya mobil. Sedangkan di bahasa Inggris, kata akumulator dapat mengacu kepada baterai, kapasitor & kompulsator.

Di dalam standar internasional setiap satu cell akumulator memiliki tegangan sebesar 2 volt, sehingga aki 12 volt, memiliki 6 cell sedangkan aki 24 volt memiliki 12 cell. Accu temasuk sel sekunder, karena selain menghasilkan arus listrik, aki juga dapat diisi arus listrik kembali, jadi cara sederhana aki merupakan sel yang terdiri dari elektrode Pb sebagai anode & PbO2 sebagai katode dengan elektrolit H2SO4.

Ciri-ciri gejala lemah, soak atau tidak mau meyimpan daya, umumya :
– Klakson lemah.
– Lampu redup.
– Starter tidak kuat atau tidak bisa starter atau susah starter.
– Setelah beberapa kali di stater. kepala aki tetap dingin.

Jenis accu :
– Accu basah.
– Accu basah hybrid.
– Accu mf (maintenance free).

Cara simple mengetahui accu sudah lemah :
Lepas accu dari mobil lalu sorotkan senter atau nyalakan lampu ke arah body accu & lihat di sisi baliknya, jika cahayanya dari lampu atau senter tersebut “sinarnya redup”, yaaaa ,,,, berarti kondisi aki sudah tidak bagus lagi untuk digunakan / wes lemes & mesin tidak bisa dihidupkan, apalagi jika mobil sudah menginap lebih dari satu hari.
Hal ini dikarenakan aki tak menyimpan listrik sedikitpun sehingga tidak memiliki kemampuan untuk memutar dinamo starter.

# sudah kah cek air accu pagi ini ??
– Jika saat nya mengganti accu lalu ingin membesarkan AMPER accu ini ngga masalah, justru semakin baek TAPI tidak membesarkan VOLT accu.
– Dengan membesarkan / menaikkan amper justru membuat stabilnya daya saat di pergunakan tapi jika membesarkan voltase yaaaa wess waassalam kebakar semua.

Author: admin

An ordinary admin. Enjoying every little progress that made for being id-GV known by others trough social media and online site.

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Upcoming Events

Categories