Roadtripgrandvitaradanliburankeluarga

Memasuki musim liburan sekolan (akhir tahun) tak salah untuk mengajak keluarga anda berlibur, apalagi bila si buah hati memiliki prestasi yang baik di sekolahnya, tentu ini merupakan hadiah yang pantas diberikan.

Indonesia memiliki banyak tempat-tempat menarik untuk berekreasi. Bila anda memutuskan untuk liburan ke tempat yang agak jauh cobalah untuk Road Trip dengan mobil anda sendiri dibandingkan dengan naik pesawat.

Dari pengalaman kami Road Trip bisa jadi melelahkan. Misalnya saja ke Jakarta-Bali; kalau bergerak santai bisa butuh sampai dua – tiga hari perjalanan. Meskipun melelahkan tetapi Road Trip juga akan memberikan perjalanan yang tak terlupakan. Berbeda dengan naik pesawat, anda akan memperoleh moment-moment berharga bersama kerabat dan teman-teman di sepanjang jalan. Bukan hanya di tempat tujuan.

Berikut ini persiapan yang wajib anda lakukan sebelum Road-Trip:

Perencanaan Tujuan Wisata

Mempersiapkan Rute Perjalanan.
Setelah sepakat menentukan tujuan, buatlah rute yang akan anda tempuh sehingga anda tidak kehilangan arah jalan. Cari tahu juga rute alternatif. Siapa tahu rute utama anda mengalami pengalihan mendadak. Supaya lebih tenang lagi, bawalah peta yang mencakup area perjalanan anda.

Jadikan Perjalanan Anda Aman (Safe Trip)

Mesin
Periksa kembali mesin mobil anda. Lakukan pemeriksaan minimal seminggu sebelum keberangkatan. Pastikan mesin dalam keadaan sehat dan layak untuk perjalanan. Mengganti oli dan melakukan penyetelan ulang untuk kendaraan merupakan langkah terbaik. Lakukan pengecekkan secara menyeluruh dalam bagian mesin dari accu, belt, radiator dan lainnya.

Lampu & Sign
Perhatikan lampu-lampu baik depan, belakang maupun sign. Pastikan semua lampu berfungsi dengan baik. Perhatikan terutama lampu bagian belakang dan lampu sign. Lampu sign (rem dan tanda belok) terkadang mati dan tidak terpantau oleh pengendara.

Wiper dan air
Bulan Juni dan Juli adalah musim dimana jarang turun hujan tetapi siapa tahu hujan turun lebat dalam perjalanan liburan anda. Lakukan pemeriksaan pada persediaan air wiper, kondisi karet dan motor penggerak wiper.

Karet wiper bila lama tidak digunakan dan terkena panas akan mengeras (mati). Bila karet wiper sudah mengeras maka air hujan dan kotoran yang menempel pada kaca depan tidak akan dapat dibersihkannya dengan baik, malah jadi mengganggu pandangan pengemudi. Berbahaya… bila ada indikasi keausan pada karet wiper sebaiknya segera diganti saja.

AC
Komponen yang satu ini memang bukan komponen yang sifatnya darurat. Tetapi jangan sepelekan AC apabila anda ingin kenyamanan dalam perjalanan. Jangan salahkan anak dan istri anda kalau mereka mencak-mencak karena dipaksa liburan di dalam oven.

Periksa kembali AC bila ingin bepergian jauh, isi freon bila dibutuhkan. Yang satu ini sebaiknya dilakukan pada bengkel AC karena untuk pengecekan dibutuhkan peralatan yang jarang dimiliki oleh pemilik mobil.

Ban
Pastikan si bulat hitam ini dalam keadaan baik, kembang ban, setelan angin serta kondisi fisik Velg mobil anda jangan luput dari perhatian karena ban merupakan salah satu faktor yang dapat membuat nyawa anda melayang. Anda juga dapat melakukan spooring dan balancing pada semua ban sebelum perjalanan.

Kaki-kaki
Perhatikan juga kolong mobil dan kaki kaki sebelum berangkat dan perhatikan secara benar suspensi dan kondisi kolong mobil seperti as roda, knalpot, dsb. harus dipastikan dalam kondisi baik.

Emergency Tools
Anda juga wajib memepersiapkan berbagai peralatan darurat untuk kendararaan anda seperti segitiga pengaman, kunci-kunci, dongkrak, kabel jumper, alat pemadam kebakaran, pengukur tekanan ban, senter dan berbagai perkakas lainnya seperti obeng, tang, dsb. Jangan lupa mempersiapkan kotak P3Kdan obat-obatan yang biasa dikonsumsi anggota kelurga.

Asuransi
Asuransikan kendaraan anda. Perjalanan panjang saat liburan mendandung resiko yang tidak terduga, ada baiknya anda asuransikan dulu kendaraan anda. Setelah itu, bawa selalu polis asuransi dan booklet yang diberikan oleh perusahaan asuransi anda.

Pastikan anda memiliki nomor telfon darurat perusahaan itu yang bisa anda hubungi kalau-kalau anda butuh technical assistant (bantuan teknis). Biasanya perusahaan asuransi memberikan layanan darurat 24 jam derek dan dukungan teknis. Bahkan sekarang beberapa ATPM mobil juga menyediakan layanan darurat sejenis.

Jadikan Perjalanan Anda Menyenangkan

Membuat berbagai sarana di mobil
Sebaiknya anda mempersiapkan berbagai sarana untuk dinikmati selama perjalanan. Sarana hiburan seperti meng-upgrade audio system, menambahkan visual entertainment system (TV and DVD player), dan jangan lupa membeli CD lagu-lagu favorit keluarga.

Komunikasi Lancar, Jalan Santai
Jaman sekarang komunikasi harus lancar. Anda pasti punya cell phone, tetapi cell phone anda akan ‘mirip’ batu bata bila dia tidak dapat berfungsi gara-gara kehabisan battery. So, gak ada salahnya anda sediakan car charger untuk cell phone anda.

Lebih Asik Lagi Dengan Cool Box & Aneka game smartphone
Kalau anda masi ingin lebih afdol lagi. Jangan ragu untuk menambah sarana lain seperti Cool Box dan smartphone. Dengan Cool Box anda dapat menyimpan minuman favorit anda dalam keadaan dingin sepanjang perjalanan.

Istirahat 15 Menit Setiap 2-3 Jam
perjalanan yang jauh bagaimanapun juga akan membuat tubuh anda penat, lagipula duduk selama beberapa jam juga tidak baik untuk kesehatan. Oleh karena itu sempatkan untuk melakukan perhentian selama (setidaknya) 15 menit setiap 2-3 jam sekali. Anda dapat berhenti di SPBU, restoran, taman umum, dll.

Anda tidak perlu membeli stop watch ataupun reminder untuk yang satu ini. Biasanya ada saja anggota keluarga yang rutin meminta anda untuk berhenti. Yup, panggilan alam… baik itu yang ‘besar’ maupun ‘kecil’ (ups..).

[SitusOtomotif]

Author: admin

An ordinary admin. Enjoying every little progress that made for being id-GV known by others trough social media and online site.

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Upcoming Events

Categories