Item ini ngga perlu penyetelan namun harus sering dibersihkan , fungsinya untuk mengatur udara yang masuk ke mesin.

filter udara yang tidak pernah dibersihkan ditambah lingkungan yang berdebu mengakibatkan terjadinya gum (jelaga hitam yang lengket) di dalam throttle body.

apabila senantiasa di abaikan , gum ini akan mengacaukan kerja sensor throttle (Throttle Position) jika sensor thorrtle terganggu maka gejala awal yang di rasakan adalah putaran mesin / idle jadi pincang , otomatis akselerasi menjadi berat yaaaa boros bahan bakar.

gum ini lengket dan agak susah dibersihkan secara manual tapi jangan galau dulu , di pasaran ada cairan khusus untuk mengikis gum yang menempel di thorttle.

cairan khusus ini memang dirancang untuk mesin injeksi (injection cleaner) & langkah bersihkan bisa ditangani dengan penyemprotan ke throttle saat mesin hidup sambil dijaga agar mesin tidak sampai mati.
1 org menahan pedal gas untuk menjaga mesin tetap hidup & 1 org lagi menyemprotkan cairan ke lubang throttle.

jika di lihat sudah bersih , secepatnya matikan mesin & setelah sekitar 15 menit lalu start kembali mesin & mainkan pedal gas hingga 5000 – 6000rpm , agar sisa kerak yang terkikis bisa terbuang usai melalui gas buang.

jika thorttle sudah terlihat sangat kotor & penuh gum , maka perlu membongkar dengan melepas baut pemegang throttle body ke saluran intake.
walaupun sedikit ribet , cara ini lebih optimal untuk membersihkan thorttle body.
sebelum melepas thorttle body ini , lepas dulu kabel TPS atau mungkin sensor yang lain yang nempel di throttle body sebelum melepas dari saluran intake & cairan pembersih yang dipakai sama.
semprot thorttle body hingga bersih.

pekerjaan mudah & bisa di kerjakan sendiri.

Merawat thorttle body

Author: admin

An ordinary admin. Enjoying every little progress that made for being id-GV known by others trough social media and online site.

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Upcoming Events

No results found.

Categories