Mengenali gejala gejala rem yang bermasalahMengenal gejala-gejala rem yang bermasalah :

Mengenal gejala kerusakan & masalah yang biasa terjadi pada rem baik yang menggunakan rem sistem ABS, rem cakram & tromol, antara lain :
– Rem kaku atau keras saat pedal rem diinjak.
bisa jadi karena adanya kerusakan di booster rem, kebocoran selang di hose vacum.
– Rem bunyi berisik atau suara kampas tergores.
yang seperti ini biasanya hanya kotor atau memang terjadi gesekan antara besi dengan besi atau biasa disebut kampas habis sehingga besi bantalan kampas tergesek secara langsung dengan disc atau tromol.
– Rem membanting ke kiri atau ke kanan.
ini akibat karena piston/kaliper rem macet pada salah satu sisi atau bisa juga karena setelan rem tidak seimbang antara kiri dan kanan.
– Rem ambles bahkan blong, ini jenis kerusakan yang paling berbahaya.
penyebabnya karena ada kebocoran, kebocoran bisa terjadi di master rem atas, selang atau master bawah & bisa juga akibat karet/seal master rem atas sudah aus.

Tips nya
Cara merawat rem mobil baik yang menggunakan rem sistem ABS, rem cakram & tromol :
1. Lakukan penggantian minyak rem sesuai jadwal, agar saat penggantian minyak rem ini otomatis kotoran bisa terbuang semua.
2. Biasakan kontrol minyak rem & segera isi ulang apabila sudah berada pada batas minimum pengisian.
3. Kontrol selang2 mulai dari master atas hingga ke selang bawah pada roda & segera ganti apabila telah ditemukan kebocoran pada selang.
4. Bongkar ban & lakukan pembersihan secara berkala, terhadap kaliper, cakram & komponen yang lain & segera ganti kampas rem apabila terlihat tipis.

//Om Ayik Rock

Author: admin

An ordinary admin. Enjoying every little progress that made for being id-GV known by others trough social media and online site.

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Upcoming Events

Categories