Salah satu model suspensi yang terdapat pada mobil adalah suspensi jenis independen, suspensi ini sering kita temukan pada mobil mewah & dimana mobil yang dipasangkan suspensi jenis ini lebih mengutamakan kenyamanan sang pengemudi & penumpangnya. Selain terpasang pada beberapa jenis kendaraan mewah suspensi model ini juga paling banyak digunakan untuk kendaraan off road. Arti suspensi independen, jika mobil yang menggunakan suspensi type ini melewati jalanan berlubang, maka pada salah satu atau beberapa roda akan bergerak secara bebas naik turun tanpa mempengaruhi roda yang lainnya.

Independent suspension Grand Vitara

– Kelebihan suspensi independen:
Salah satu kelebihan dari suspensi independen ini seperti yang telah dijelaskan diatas yaitu tidak akan merasakan body mobil yang bergoyang ketika melintasi jalanan jelek & berlubang, karena pada ke empat rodanya tidak saling berhubung satu sama lain & hanya bertumpu pada masing masing suspensinya. Misalnya roda belakang kanan menginjak lubang, maka hanya roda tersebut saja yang bereaksi bergerak naik & turun & saat menggeber mobil pun akan terasa lebih stabil di medan jalan lurus ataupun di tikungan.

– Kekurangan suspensi independen:
Salah satu kekurangan yang terdapat pada sistem suspensi jenis independen ini adalah harganya yang sangat mahal jika mengalami kerusakan, selain itu kontruksi yang sangat rumit membuat proses perbaikan suspensi ini membutuhkan waktu yang lebih lama ketimbang model suspensi yang lain seperti misalnya suspensi axle ridgid ataupun macpherson strut.

Note :
Yang di perhatikan untuk suspensi independen adalah,
– Cek secara berkala kondisi shock breaker.
– Cek secara berkala kondisi swing arm.
– Cek secara berkala tekanan angin ban.

//Paman Erwin

Author: admin

An ordinary admin. Enjoying every little progress that made for being id-GV known by others trough social media and online site.

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Upcoming Events

Categories