Mengenal busi & jenisnya serta cara membersihkan. Bagi para sahabat idGV pasti paham banget deee ma namanya busi , benda kecil yang nempel pada ruang bakar. Busi adalah salah satu parts (khususnya berbahan bakar bensin) yang letaknya di bagian dalam dari mesin pembakaran dengan ujung electrode busi berada di dalam ruang bakar mesin.

Fungsi dari benda kecil ini adalah untuk untuk membuat percikan bunga api yang digunakan untuk membakar campuran udara dan bahan bakar yang telah terkompresi oleh piston , bayangno sek kalo si benda kecil ini gak berfungsi ??  Pasti kendaraan gak akan mau hidup alias modar bin wafat hehehehehehehe ,,,,

Nahh ,,, ada beberapa jenis dari busi ini , diantaranya adalah:

– Busi standar
busi standar adalah busi bawaan dari pabrikan kendaraan bermotor itu sendiri , busi ini mampu bekerja hingga 20.000 Km pada kondisi pembakaran yang normal.
bagian ujung elektroda terbuat dari nikel dan diameter center elektrodanya rata-rata berukuran 2,5 mm.

– Busi platinum
busi ini sangat cocok untuk yang suka bepergian jarak jauh karena busi platinum ini dapat bekerja hingga 30.000 m.
busi platinum memiliki ujung elektroda yang terbuat dari nikel dan center elektrodanya terbuat dari platinum.
busi ini memiliki diameter center elektroda 0,5 mm – 0,8 mm.

– Busi iridium
busi ini memiliki diameter center elektroda 0,6 – 0,8 mm dan memiliki ciri ujung elektroda terbuat dari nikel dan center elektrodanya terbuat dari iridium alloy.

– Busi racing
nah nek iki dari namanya juga udah ketauan kalo fungsinya untuk balapan.busi ini memiliki diameter center elektroda yang relatif kecil dan meruncing seperti jarum.
busi ini dibuat dari material yang tahan dengan kompresi dan suhu mesin yang tinggi sehingga sangat cocok untuk dipasangkan pada mesin balap.

– Busi resistor
biasanya busi jenis ini memiliki tanda berupa R latin pada bodinya dan biasanya ini yang sering salah diartikan & mengira kalau busi ini adalah busi racing padahal ini adalah busi resistor.
busi ini dipakai untuk melindungi perangkat elektronik digital seperti speedometer dan alat elektronik lainnya.

Kalaupun bentuknya mungil tetapi busi memiliki peranan yang sangat penting pada mesin kendaraan bermotor , maka itu diperlukan perhatian lebih agar perangkat ini dapat berjalan dengan semestinya.

busi grand vitara

Beberapa hal yang perlu dilakukan agar busi tetap awet diantaranya adalah dengan mengecek secara berkala kondisi busi , baik kondisi fisik maupun fungsinya. Setelah pengecekan kondisi busi , lalu dilanjutkan dengan membersihkan busi dari kotoran / kerak yang menempel pada busi, karena seiring lamanya penggunaan busi lama kelamaan akan ada kotoran yang menempel pada busi ataupun kerak bekas pembakaran mesin sehingga dapat mengganggu kinerja busi.

Tips membersihkan busi , siapkan
– sikat kawat halus.
– lap bersih.
– carb cleaner (merk bebas).
– kopi.
– udut.

1. Semprot busi bagian elektrodanya dengan carb cleaner.

2. Gosok/sikat memakai sikat kawat halus tadi.

3. Semprot lagi bagian elektrodanya dengan carb cleaner.

4. Lap bersih.

5. Jika ada kerak yang agak susah , bisa di kerik dengan memakai cutter lalu ulangi lagi cara dari no 1 s/d 4.

6. Setelah selesai semua , amati busi sambil ngudut & sruput2 kopi.

7. Cuci tangan.

8. wes barrr ,,,,

Author: admin

An ordinary admin. Enjoying every little progress that made for being id-GV known by others trough social media and online site.

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Upcoming Events

No results found.

Categories