Indikator suhu naik dan AC Grand Vitara tidak dingin kenapaPernah mengalami kejadian seperti ini? –> indikator suhu tiba-tiba naik, kemudian AC jadi tidak dingin. Tapi normal lagi terus kadang naik dan kembali normal lagi. Kira-kira kenapa gerangan?

Penjelasan:

Pada umumnya kalau mengalami suhu panas, cek EF (Extra Fan) dan Thermostat. Cek EF kalo normal lanjut cek thermostat sekalian cek radiator, mampet apa tidak. Atau jangan-jangan air radiator berkurang dan habis.

AC posisi on ketika kita berkendara, posisi on off magnet clutch-nya harus gantian (putus-putus). Kalau mendapati magnet clutch nya nyala terus, mungkin rusak sistem otomatisnya. Bawa ke tukang AC (Karena kalau dibawa ke Beres pun, biasanya disarankan untuk dibawa ke tukang AC).

System AC itu yang membuat compressor putus nyambung secara normal itu.. kerjanya thermostat.. bila cabin udah dingin… Compressor off… Begitu sebaliknya.. bila panas compressor on.. dan ada satu lagi yg membuat off.. yaitu pressure switch… Ini terjadi jika terdapat ketidaknormalan system yaitu over/low pressure freon… Nah klo componen on terus berarti kemungkinan thermostatnya membaca temperature belum dingin… Bisa jadi memang belum dingin.. atau thermostat yg kurang sensitif… Bisa dikarenakan evaporator kotor.. atau thermostat lepas dri posisinya… Coba dicek lagi…

Kompresor AC Grand Vitara ada 2 macam :
1.Untuk GV 2006-2007 ini make kompresor AC built up Jepang judulnya Nippondenso & harganya mahal.
2.Untuk GV 2007 up ini sudah make kompresor lokal judulnya pun juga sama Nippondenso & harganya tidak semantap yang built up.

Untuk hasilnya sama hanya beda di ke awetannya aja. Kenapa bisa magnet clucth seperti ini? Yang jelas, kompresor jarang dibersihkan. (minimal semprot-semprot WD lah) juga pengaruh karena oil dalam kompresor yang sama sekali tidak pernah di ganti (pasti gak pernah di perhatikan ya?)

Lalu bagian apa kompresornya yg di semprot? Mengingat ada kabel kabel di sekitaran situnya. Semprot saja di bagian magnetnya.

Oh ya, ketika mendapati kondisi seperti diatas, jangan dipaksakan jalan terus karena suhu sedang sangat tinggi sesuai indikator suhu

Author: admin

An ordinary admin. Enjoying every little progress that made for being id-GV known by others trough social media and online site.

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Upcoming Events

Categories

Follow me on Twitter

ADS