• admin
  • ,

Fungsi busi pada kendaraanFungsi utama busi adalah untuk membakar campuran bahan bakar dan udara yang telah di kompresi dengan cara memercikkan bunga api melalui ujung elektroda busi, bunga api ini merupakan loncatan listrik yang dihasilkan dari tegangan tinggi pada ignition coil yang di salurkan melalui kabel busi. Peran BUSI Sangatlah penting bagi Kendaraan Kita, Sebab itu hendaklah jangan diabaikan benda yang Satu ini.

Ada beberapa Macam & Jenis Busi, antara lain :
– Busi Standar
Busi bawaan dari pabrikan.bahan ujung elektroda dari nikel dan diameter center electrode rata-rata 2,5 mm.jarak pemakaian busi standar bisa sampai 20 ribu km dengan kondisi pembakaran normal dan tak dipengaruhi oleh faktor lain macam oli mesin dan konsumsi BBM yang berlebihan.

– Busi Iridium
Busi yang bisa dikatakan semi kompetisi , ramai diaplikasi tuner buat mesin non standar.ciri khasnya ujung elektroda terbuat dari nikel dan center electroda dari iridium alloy warna platinum buram. diameter center electroda 0,6 mm – 0,8 mm & umur busi berkisar 50 ribu hingga 70 ribu km.

– Busi Platinum
Busi yang banyak disuka kaum penyuka touring lantaran kemampuannya.ujung elektroda terbuat dari nikel dan center electrode dari platinum, sehingga pengaruh panas ke metal platinum lebih kecil. diameter center electrode 0,6 mm – 0,8 mm dan jangan heran jika umur busi bisa sampai 30 ribu km.

– Busi Racing
Sesuai namanya busi ini didesain dan dipersiapkan dengan bahan yang tahan terhadap kompresi tinggi serta temperatur mesin yang tinggi dan dipersiapkan untuk mampu mengimbangi pemakaian full throttle dan deceleration. Busi racing tidak sama dengan busi Iridium , diameter center electroda pun relatif kecil meruncing macam jarum.umur busi relatif pendek antara 20 ribu km hingga 30 ribu km.

– Busi Resistor
Busi ini sering mengecoh konsumen, logo R latin dengan font miring banyak yang mengira artinya racing.sbenarnya R itu artinya resistor & busi ini dipakai untuk melindungi perangkat elektronik digital, berupa speedometer dan lainnya. Maka busi ini cocok sebagai perlindungan perangkat elektronik digital pada mobil.
Monggo Pilih yang mana ?

Fungsi busi dan penyebab umur busi menjadi pendek :
Selain utk pembakaran bensin / pertalite /pertamax, busi jg bisa berfungsi untuk, membantu kelistrikan pada accu mobil krn di bagian tengah busi terdapat elektroda yg di hub. Dgn koil pengapian, naaa jika accu mobil soak ini dapat memperpendek umur busi krn kerja busi menjadi doble.

Untuk busi ini memang sangat vital krn kerjanya juga selain menciptakan kelistrikan busi ini yg selalu mejaga kestabilan mesin mobil kita, jd klo busi sdh jelek pasti pengapian dan kelistrikan akan mengganggu kinerja mobil, maka dari itu utk busi jika sdh memasuki wktnya penggantian jgn tunda² krn berakibat kurusakan ke perangkat lainnya.

Cara Membersihkan Busi :
1. Semprot dengan Cairan Carb Cleaner (Merk Bebas)
2. Sikat pake sikat kawat halus
3. Bersihkan dengan Lap kering

Klo umur busi masih panjang, bersihkan saja tidak perlu ganti. Tp biasanya klo pembakaran bagus busi ga akan kotor dan berkerak dgn cara konsumsi bbm nya harus di perhatikan.. Tp klo umur busi sdh sampai pd saat nya ini baru diganti.

Kalo mesin standar dikasih busi iridium faedah dan mudhorot nya spt apa? Tentu pembakaran lebih sempurna.
Karena api busi iridium lebih besar. Kalo di test pake alat test nya, api busi iridium lebih biru. Kalo di contohkan dengan kompor dan gas. Api yg di gas lebih biru. Lebih cepat masak nya.

Memakai busi iridium di mesin standart banyak faedahnya , bisa :
– mengoptimalkan bahan bakar saat proses pembakaran sehingga bahan bakar lebih efisien konsumsinya.
– akselerasi lebih cepat.
– ruang bakar bersih.
– suara mesin menjadi halus.
– bebas perawatan.

Sebab kutub inti busi iridium berbentuk kecil seperti jarum yang membuat pengapian berpijar lebih :
– kuat.
– fokus , tidak menyebar.
– stabil.

Author: admin

An ordinary admin. Enjoying every little progress that made for being id-GV known by others trough social media and online site.

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Upcoming Events

No results found.

Categories

Follow me on Twitter