Ciri2 ruang bakar yang kotor mengakibatkan buat mesin knocking lalu performa kurang & boros bbm.
Bagaimana membersihkannya? Seiring berjalannya usia mesin, kondisi ruang bakar pasti kotor akibat penumpukan kerak. Kalau dibiarkan terlalu lama, yaaa efeknya pasti akan berpengaruh ke performa yang menurun drastis, se­perti akselerasi lamban, konsumsi bbm boros hingga mesin knocking.

Jika ciri-ciri ini sudah di rasakan, ya segeralah bersihkan ruang bakarnya dengan tahap pengerjaan yang paling ringan :
– Thorttle & injection cleaner
Gunakan penetran pembersih produk pembersih ruang bakar & cara makenya pun cukup mudah, nyala­kan mesin mobil hingga mencapai suhu kerja. Kemudian jaga putaran mesin pada 4.000 – 5.000 rpm selama beberapa menit & semprotkan ke thortle body. Maka kotoran tumpukan karbon tersebut akan keluar dari knalpot.

throttle body grand vitara
– Injector cleaner
Cara makenya cukup memasukan cairan kimia tersebut ke tangki bensin, cairan ini nantinya akan membersihkan kotoran yang berada di injector, klep & ruang bakar. Kotoran2 ini nantinya akan terbuang via gas buang.
– Carbon clean
proses dari carbon clean itu sendiri dilakukan dengan cara memasukkan cairan khusus melalui lubang busi menggunakan alat khusus. Didiamkan kurang lebih selama 15 menit, lalu setelah itu cairan tersebut di sedot kembali. Dari hasil sedotan itu sudah bisa terlihat berapa banyak kotoran yang sudah berhasil diangkat dari ruang bakar.
– Italian tune up
Cara ini bisa membersihkan ruang bakar mesin, caranya dengan melajukan kendaraan dan menjaga putaran mesin di 5.000 – 5.500 rpm selama beberapa menit. Tapi ingat, proses ini hanya boleh dilakukan saat jalanan sepi & lurus seperti di jalan tol, kecepatan mobil juga harus dijaga. Tidak perlu berjalan kencang, posisi gigi juga cukup berada di gigi 2 atau 3 & sebelum melakukan ini alangkah baeknya jika tangki bensin di beri cairan kimia ke dalam tangki bensin.

 

//Paman Erwin

Author: admin

An ordinary admin. Enjoying every little progress that made for being id-GV known by others trough social media and online site.

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Upcoming Events

Categories