Pengertian sebenarnya dari cutting sticker adalah merupakan sebuah teknik pemotongan bahan sticker sesuai dengan desain yang diinginkan, entah itu permainan warna ataupun corak. Cutting sticker sudah termasuk salah satu teknik dress up mobil yang cepat / instant dan terbilangsimpel serta terjangkau, karena aplikasinya hanya menggunakan bahan sticker yang kemudian ditempelkan pada bagian permukaan mobil yang diinginkan.

Kelebihan mengaplikasikan sticker untuk merubah tampilan mobil adalah penampilan mobil dapat dikembalikan pada kondisi original yang dapat juga dilakukan secara cepat. Selain cara pemasangannya yang simpel, varian warnanya dan motif desain ataupun coraknya pun sangat beragam. Jadi, pilihannya bisa disesuaikan dengan keinginan anda, mau tampil sport, garang, atau minimalis, semua hanya tinggal pilih desain serta warna sticker yang cocok.

Jenis Bahan Sticker
Jenis bahan sticker yang biasa digunakannya saat ini ada 4 jenis, yaitu Vinyl, Scotlite, Glitter dan Dry Carbon dan untuk merknya sangat beragam, yaitu seperti Oracal, Kiwalite dan 3M. Tentunya tiap merk memiliki kualitas dan harga yang berbeda-beda.

Untuk eksterior, umumnya menggunakan sticker berbahan Vinyl, baik itu jenis doff, glossy ataupun transparan. Dan untuk sticker terbaru berbahan Dry Carbon bisa untuk di eksterior ataupun interior, tetapi biasanya diaplikasikan hanya dibagian tertentu, terutama sektor interior, namun sayangnya bahan Dry Carbon tidak bisa di-cutting untuk dibentuk grafis.

Cutting sticker Grand Vitara
Pilih Grafis Atau Full Body
Secara aplikasinya, cutting sticker hanya ada 2 pilihan, yaitu konsep corak atau grafis dan full body. Untuk aplikasi corak biasanya diaplikasikan bagi yang mobilnya mengusung konsep street racing. Untuk konsep corak atau motif umumnya memerlukan waktu untuk proses desain di komputer kurang lebih selama dua jam serta proses pemasangan kurang lebih sekitar satu setengah jam. Akan tetap waktu proses dan pemasangan tersebut juga sangat tergantung pada jenis desain.

Sedangkan untuk yang full body yaitu menutup permukaan seluruh body mobil dengan sticker dan biasanya bertujuan untuk merubah warna body. Aplikasi sticker full body saat ini memang sedang menjadi tren, karena merupakan cara simple dan murah untuk merubah warna mobil dibandingkan melakukan pengecatan ulang. Proses aplikasinya untuk konsep ini terbilang lebih sulit oleh karena itu biasanya membutuhkan waktu pemasangan sekitar dua hingga empat hari.

Berbicara biaya, semua sangat relatif karena tergantung dari bahan sticker dan juga desain yang akan digunakan serta. Tetapi sebagai gambaran saja sebuah jasa cutting sticker di Jakarta memiliki range harga mulai dari Rp.200 ribu sampai Rp.3,5 juta untuk aplikasi cutting sticker grafis. Dan untuk konsep full body dipatok kurang lebih mulai dari harga Rp.3,5 juta sampai Rp.8 juta.
Wrapping sticker Grand Vitara

Perawatan
Tidak ada perawatan khusus buat mobil yang telah mengaplikasikan cutting sticker, yang jelas basik perawatannya terbilang sama dengan merawat cat mobil. Untuk merawat permukaan bahan sticker, terutama yang full body, yang terpenting segera dibersihkan jika sudah kotor untuk menghindari flek yang sulit dibersihkan. Khusus untuk sticker warna doff cara membersihkannya cukup bersihkan dengan air dan lap lembut, jangan digosok karena akan menyebabkan goresan pada permukaannya.

Terakhir, sebaiknya sticker diganti setelah satu tahun, karena pada masa pakai tersebut perekat atau lem pada sticker masih belum terlalu merekat pada permukaan cat, sehingga saat sticker dilepaskan, bekas perekat pada cat masih tidak terlalu sulit dihilangkan, alhasil cat asli tidak rusak. Akan tetapi rusak atau tidaknya cat setelah memakai sticker tergantung juga dari kualitas pernis dan cat mobil itu sendiri.

[]situsotomotif,arsip[]

Author: admin

An ordinary admin. Enjoying every little progress that made for being id-GV known by others trough social media and online site.

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Upcoming Events

No results found.

Categories