Kaca film merupakan salah satu aksesoris yang penting untuk mobil anda. Kegunaannya bukan hanya pelindung dari sengatan matahari tetapi sekaligus sebagai pengaman bagi pengendara dan penumpang dari resiko kecelakaan, kaca film tersebut memberi keamanan dari bahaya kaca pecah atau rusak akibat benturan dengan benda tajam maupun tumpul.

Tingginya penjualan mobil di tanah air mengakibatkan membanjirnya kebutuhan akan aksesoris yang satu ini. Banyak distributor kaca film mobil dari berbagai merk telah membanjiri pasar kaca film Indonesia. Pada dasarnya kaca film selain dapat digunakan pada mobil juga dapat digunakan pada bidang kaca lainnya seperti di rumah ataupun gedung bertingkat.

Akibat banyaknya merk kaca film yang tersedia untuk mobil, yang hampir semua distributornya menawarkan kelebihan fungsi dan garansi yang menggiurkan konsumen. Hal ini tentunya dapat membingungkan para pemilik kendaraan yang ingin menggunakan kaca film.

Disini pemilik kendaraan harus lebih cermat dalam memilih kaca film yang sesuai dan berkualitas. Banyak sekali produk yang ditawarkan mulai dari menolak panas hingga tahan peluru. Semuanya ada kelebihan dan kekurangannya, semakin banyak keunggulan suatu produk maka semakin mahal harga yang ditawarkan.

kepekatan kaca film grand vitara

Banyak merk yang populer di Indonesia antara lain merk V-Kool, Llumar Window Film , Huper Optic, Solargard, Armcoat, Inovata, Secure Stik, 3M Auto Film, Spectrum, dan masih banyak lagi, masing-masing memiliki keunggulannya yang beragam, entah itu fitur ataupun layanan aftersales-nya.

Untuk memilih kaca film ada berbagai hal yang patut diketahui sebelum membelinya, berikut adalah point-pointnya:

Fungsi Penahan Panas
Umumnya semua merek kaca film pastinya menawarkan penahan panas sebagai fitur standar. Pada mobil baru kaca film yang disediakan pun umumnya tahan panas, tetapi kaca film yang berasal dari pabrik ini hanya bertahan beberapa tahun, sehingga banyak pemakai mobil menggantinya dengan kaca film yang memiliki keunggulan yang lebih baik dan tentunya lebih tahan lama.

Penolak radiasi sinar ultra violet (UV) dan Infra merah (Infra Red / IR)
Saat ini banyak merk kaca film yang menawarkan dengan keunggulan mampu menahan radiasi ultra violet dan infra merah hingga 99,9%. Produk kaca film dengan penolak radiasi sinar UV dan IR ini biasanya memiliki minimal 2 lapisan yang ukurannya sangat tipis, dan terbukti dapat menolak sinar berbahaya tersebut.

Perlu diketahui bahwa ultra violet merupakan salah satu penyebab penyakit kanker kulit yang tentunya akan berakibat buruk bagi kondisi manusia. Kemampuan ini tidak bisa berpatokan pada tingkat kegelapan sebuah kaca film.

Kaca film tahan peluru
Untuk kebutuhan lain, salah satu keunggulan lagi yang ditawarkan oleh kaca film yaitu kemampuan menahan peluru, tahan terhadap bom api (molotov), badai ataupun angin kencang. Sesuai klaimnya, “kulit” ini membuat kaca tidak pecah berantakan atau tidak tercerai berai sebagaimana umumnya saat terjadi sesuatu yang mengakibatkannya pecah.

Mungkin tidak akan membuat kaca mobil sekeras besi tetapi kaca film jenis ini akan mengurangi secara signifikan resiko akibat terjangan peluru. Karena janji-janji fitur keamanan yang diberikan maka aplikasi kaca film jenis ini otomatis meluas. Banyak rumah ataupun gedung-gedung mewah yang menggunakannya untuk meminimalisasi efek dari aksi perampokan maupun terorisme. Khusus tipe ini harga pastinya akan lebih mahal.

Pilihan Warna
Warna pun dapat dipilih, umumnya pengendara memilih warna hitam, tetapi saat ini banyak juga yang menyesuaikannya dengan selera ataupun warna mobilnya, karena telah banyak warna kaca film yang dapat dipilih yang dapat digunakan pada mobil, seperti warna biru, hijau, emas / gold, silver, mirror, clear (bening), merah, cokelat, ungu dan banyak lagi sesuai dari merk tertentu.

bijak memilih kaca film

Tingkat kepekatan warna
Tingkat kepekatan warnapun dapat dipilih sesuai dengan keinginan, misalkan kepekatan warna hitam 20%, 40%, 60% hingga hitam pekat 80%. Banyak orang yang suka dengan kaca film 80% agar memberikan perlindungan lebih tinggi baik secara visual dari luar (gak terlihat oleh orang dari luar) tetapi untuk yang hitam pekat 80% ini juga bisa menyulitkan pengemudi untuk melihat kondisi luar mobil, terutama pada malam hari.

Sebaiknya pilih kepekatan kaca film untuk kaca depan dan belakang maksimum 40% tetapi sebaiknya memakai warna bening sehingga pada malam hari masih dapat terlihat kondisi di luar kendaraan. Tetapi untuk kaca samping anda dapat memasang kepekatan hingga 80%.

Karena faktor visibilitas dan keamanan, di beberapa negara kepekatan kaca film diatur dalam peraturan lalulintas. Kalau anda menggunakan kaca film yang lebih pekat dari batas yang ditentukan bisa-bisa anda kena tilang polantas. Tapi Indonesia sih aman-aman aja kok.
===
Situsotomotif

Author: admin

An ordinary admin. Enjoying every little progress that made for being id-GV known by others trough social media and online site.

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Upcoming Events

No results found.

Categories