Sekedar untuk menambah wawasan, 4 masalah yang harus segera di tindak lanjuti mengenai rem. Rem merupakan salah satu system yang sangat penting untuk mengurangi kecepatan mobil & jika rem bermasalah, bisa jadi penumpang mobil mengalami kecelakaan yang membahayakan. Kondisi rem mutlak harus selalu diperhatikan, termasuk juga perawatannya. Maka sebaiknya mengenali beberapa masalah yang terjadi pada rem. Hal ini perlu diantisipasi agar tetap bisa merasakan dan memastikan rem bekerja dengan baik.

Ada beberapa masalah yang sering terjadi di system pengereman yaitu,

1. Pedal terlalu ringan dan dalam.

– Pedal rem yang tidak memiliki tekanan balik dan harus di injak terlalu dalam adalah tanda ada masalah utama rem , sehingga ketika kendaraan melewati jalan yang menurun, walau sudah menginjak pedal rem dalam banget mobil tetep aja berjalan.
masalah seperti ini biasanya disebabkan adanya kebocoran di sistem pengereman , yaitu :
– Master silinder internal.
– External yang bocor.
satu-satunya perbaikan yang disarankan adalah mengganti master silindernya dengan yang baru & jangan ambil resiko , karena pedal rem ini adalah komponen terpenting dalam mobil.

2. Saat menginjak pedal rem , mobil bergerak ke salah satu sisi.

– Saat menginjak pedal rem , lalu mobil bergerak ke salah satu sisi akibat dari pengereman ini sangat2 berbahaya.
masalah pengereman ini bisa disebabkan oleh beberapa hal , namun penyebab paling umum adalah kaliper yang macet sebab kotor.

seiring waktu kaliper dapat kotor secara bertahap, sebuah proses yang tidak diperhatikan dalam jangka waktu yang lama.
kondisi ini yang juga menyebabkan minyak rem tidak bisa menekan dengan sempurna.
memang umumnya disebabkan oleh debu yang menempel pada piston kaliper & untuk memperbaikinya, perlu membersihkan kaliper & sekalian mengganti minyak rem dengan yang baru.

kemungkinan lainnya adalah kerusakan di katup atau master silinder yang tidak dipasang dengan benar, kondisi ini relatif jarang ditemukan namun tidak boleh diabaikan begitu saja.

dengan alasan keamanan sistem pengereman mobil dirancang secara diagonal (bersilang), rem kiri belakang bekerjasama dengan rem kanan depan, sementara rem kanan belakang bekerja sama dengan rem kiri depan.
Proses sistem diagonal inilah yang menyebabkan mobil bergerak ke salah satu sisi saat rem tersebut terjadi kerusakan.

3. Saat menginjak pedal rem , ster terasa bergetar.

– kondisi seperti ini adalah masalah pengereman yang sangat sering terjadi di semua model dan tampilan mobil , biasanya getaran akan semakin terasa saat memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi.

kemungkinan kondisi ini disebabkan oleh cakram yang tidak rata akibat mobil sudah lama digunakan.
bisa juga karena air hujan atau setelah menerjang banjir atau kelembaban yang tinggi menyebabkan karat dan korosi pada cakram mobil.

untuk mengatasi masalah ini seharusnya tidak sulit & jika piringan cakram masih cukup tebal maka bisa dikikis agar permukaannya kembali rata tapi jika cakram sudah terasa tipis maka harus diganti dengan yang baru.

4. Saat menginjak pedal rem , di seluruh bagian body bergetar.

– jika terjadi di seluruh body bergetar saat pengereman bisa jadi masalah muncul dari rem belakang & untuk menguji bahwa memang rem belakanglah masalahnya dengan menggunakan cara menggunakan rem tangan saat mobil berjalan dengan kecepatan rendah.

pendeteksian masalah menggunakan cara ini hanya berlaku jika rem belakang mobil masih menggunakan tipe drum (tromol) , jika sudah menggunakan rem cakram di bagian belakang tanpa pengetahuan ilmu teknisnya lebih baik di sarankan langsung saja ke beres agar tidak ada kerusakan lebih fatal.

sedikit memahami masalah2 yang terjadi pada sistem rem, tentu harus lebih waspada, selain menjaga kondisi rem agar tetap dalam kondisi terbaik , juga bisa mencegah akan terjadinya musibah.

membersihkan rem grand vitara

tips :
– untuk rem cakram (baek depan & belakang), setiap mencuci mobil sekalian semprot bagian rem nya dengan air bertekanan tinggi untuk menghilangkan debu & kotoran yang melekat pada brake pad maupun discnya.

– untuk rem tromol / drum , per 6 bulan sekali di buka lalu di cuci dengan air sabun brake shoe nya untuk menghilangkan debu & daki.

– agar diperhatikan , setiap selesai mencuci mobil sendiri lalu mobil tidak dipakai lama , ini di sarankan jangan menarik tuas hand rem akibatnya akan menimbulkan rem terkunci / ngelock saat nanti mobil mau dipakai.
sebaiknya memakai ganjal ban & posisi tuas rem sama sekali tidak di tarik.

– sama sekali tidak di sarankan saat ngerem menggunakan kaki di turun kan ke aspal , kalau di lihat malah seperti di film flinstone.

Author: admin

An ordinary admin. Enjoying every little progress that made for being id-GV known by others trough social media and online site.

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Upcoming Events

No results found.

Categories

ADS