Pengantar : Karena pertanyaan di forum Facebook id-GV Grand Vitara tentang modifikasi offroad masih sering ditanyakan, maka berikut kami tampilkan ulang sebuah liputan mengenai modifikasi Grand Vitara aliran light offroad, relatif ringan, masih nyaman digunakan sebagai kendaraan daily use, dan tidak terlalu menguras kantong. Profil yang dijadikan liputan adalah Om Rommy sesepuh SJI (Suzuki Jip Indonesia).

Link profil dalam liputan:
Profil om Rommy Yachya : FB: Rommy Yachya | Instagram : rommelyachya
Profil nte Jasmine : FB: Jasmine Yachya | Instagram : jasmineyachya
Profil Om Yuri Kusweri : FB: Yuri Kusweri | Instagram : yurikusweri

Inilah tulisan lengkapnya, sebagaimana ditulis oleh Goffroad:

grand-vitara-modifikasi-utk-sang-junior

MODIFIKASI SUZUKI GRAND VITARA 2014 : Kolor Ijo Pergi Datanglah Anoman

inilah-anoman-dari-semarang

Buat Rommy Yachya, punya tunggangan SUV keluaran Suzuki memang tak bisa tergantikan. Sudah sejak lama ia memiliki “Kolor Ijo” demikian ia menyebut Suzuki Escudo 1996 berkelir hijau yang sudah dimodifikasi dan punya penggerak empat roda. “Ini mobil yang menemaniku sejak jaman susah. Hehehehe,” komentar Ketua SJI yang juga pengusaha ekspedisi ini. Kemanapun Rommy pergi pasti Kolor Ijo rela menemani. Termasuk ketika ia mampu membeli mobil lain untuk operasional maka Kolor Ijo pun dijadikan teman bermain di trek off-road.

duet-bapak-anak-penggemar-offroad

Kesukaannya terhadap dunia lumpur ternyata ikut menular pada putri semata wayangnya Jasmine Yachya. Gadis pemalu yang berpenampilan kalem ini ternyata punya hobi yang berkebalikan dengan penampilannya sehari-hari. Sudah sejak lama Jasmine ikut olah raga beladiri Kempo. “Malah kadang-kadang ikut Muathai juga,” bisik ayah Jasmine. Selain jika diajak off-road pasti Jasmine tak pernah menolak. Bahkan ketika pulang sekolah ketika masih SMA dulu, gadis cantik ini lebih suka nongkrong di bengkel jip langganan ayahnya. Walahh…

Pun ketika dibelikan mobil sedan untuk menemani Jasmine beraktivitas sehari-hari, ia lebih memilih mengajak Kolor Ijo. “Bahkan Jasmine sampai berpesan jangan sampai menjual Si Kolor Ijo,” kata Rommy. Namun ternyata ceritanya berbeda. Suatu saat Rommy ditanya seorang rekannya apakah Si Kolor Ijo mau dijual. Tentu saja Rommy langsung bilang enggak dijual. Tapi ternyata rekannya memaksa terus agar Rommy mau menyebutkan harga. Rupanya rekannya itu sudah kepincut dengan Kolor Ijo. Beragam alasan dikemukan Rommy agar rekannya berubah pikiran. Alih-alih agar tak ditanya terus soal harga jual Si Kolor Ijo, Rommy pun menyebutkan harga yang lumayan tinggi. Harapannya si penanya mundur dan tak jadi membeli Si Kolor Ijo. Eh, ternyata justru sebaliknya, harga yang diminta Rommy pun langsung diiyakan tanpa ditawar lagi.

“Wah, giliran aku yangmenyesal dan pusing. Pasti Jasmine bakal ngambek nih,” cerita Rommy. Dan memang benar adanya. Begitu tahu kalau Si Kolor Ijo sudah berpindah tangan, Jasmine pun mogok bicara. Giliran Rommy sebagai ayah pusing tujuh keliling. Berbagai jurus bujuk rayu pun dilakukan. Hasilnya tetap nihil. Jasmine tetap kekeuh ingin Si Kolor Ijo kembali. Bahkan ketika Rommy ingin membeli kembali Si Kolor Ijo sang pemilik baru enggan melepasnya karena sudah terlanjur sayang.

suzuki-grand-vitara-2014-pengganti-kolor-ijo

Akhirnya lewat bujuk rayu yang sedikit alot, disepakati untuk membeli Suzuki Grand Vitara 2014 berkelir putih sebagai gantinya. “Syaratnya Grand Vitara ini harus dibikin mirip Grand Vitara punya Yuri Kusweri. Terpaksa aku harus minta bantuan Yuri buat mewujudkan keinginan Jasmine,” kata Rommy. Singkat cerita akhirnya Anoman (nama buat Suzuki Grand Vitara 2014.red) pun jadi kesayangan baru Jasmine. Kali ini tentu diikuti warning keras agar jangan sampai dijual lagi.

Anoman pun kini hampir selalu hadir di setiap acara Suzuki Jip Indonesia (SJI). Menggantikan Si Kolor Ijo yang sudah berpindah tangan. Keberadaan Anoman juga dimaksudkan untuk mengajak semua pecinta SUV Suzuki khususnya Vitara, Escudo maupun Sidekick mau bergabung dengan SJI (Suzuki Jip Indonesia). Dan yang penting Anoman bisa bikin Jasmine tersenyum lagi. Modifikasi yang dilakukan pada Grand Vitara ini memang minimalis karena akan lebih banyak diajak Jasmine menemaninya kuliah. Sepertinya memang Rommy harus mengalah demi putri kesayangannya ini. Hehehehe….

Berikut foto-foto detail modifikasi Anoman. Semoga bisa jadi inspirasi penyuka SUV Suzuki.

Salam #goffroad

body-lift-up-5-cm-grand-vitara

Body lift up 5 Cm agar ban Bridgestone MT 15×31” tidak mentok bodi. Mengapa hanya body lift up bukan suspensi lift up karena Anoman masih lebih banyak dipakai harian di jalanan aspal. Kalau toh off-road juga memilih trek yang tipis-tipis saja. Alias light off-road. Suspensi juga masih mengandalkan bawaan pabrik, Namun sokbreker sudah ditukar bikinan Pro Comp.

pelek-sparco-cromodora-15-grand-vitara

Pelek Sparco Cromodora 15” berkelir putih dipilih agar ada nuansa sporty. Pilihan ban dan pelek memang cukup mempengaruhi penampilan sebuah kendaraan. Jika pilihannya pas dengan gaya modifikasi minimalis maka penampilan mobil pasti tetap enak dilihat. Demikian halnya dengan Anoman yang jadi tunggangan kesayangan Jasmine ini.

roof-rack-thule-grand-vitara

lampu-3rd-brake

Roof rack Thule 2.5 German dipasang bukan hanya untuk tempelan semata tapi juga bisa difungsikan bagasi tambahan jika dibutuhkan. Di bagian tengah roof rack dimanfaatkan sebagai braket LED Lamp 80 Cm. Jika lewat tempat yang terlalu gelap lampu ini bisa membuat suasana jadi seterang siang hari. Selain itu Lampu 3rd brake juga dirasa perlu ditambahkan. Braket ban serep juga difungsikan untuk dudukan lampu rem tambahan ini.

interior-grand-vitara-anoman

Interior tetap seperti bawaan aslinya. Namun kebersihannya selalu terjaga. Yang agak sedikit terlihat beda adalah tempelan miniatur SUV Suzuki di atas dasbor.

grand-vitara-diporting-polish

Untuk meningkatkan tenaga mesin berkode J20A 4 silider segaris 2.0L ini cukup diporting polish. Selebihnya sama seperti interior cukup dijaga kebersihannya.

grand-vitara-anoman-dari-semarang

Sumber: http://goffroad.com/2016/09/12/modifikasi-suzuki-grand-vitara-2014-kolor-ijo-pergi-datanglah-anoman/

—-

Terima kasih sudah membaca repost artikel kami.

all-about-jasmine

Author: admin

An ordinary admin. Enjoying every little progress that made for being id-GV known by others trough social media and online site.

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Upcoming Events

No results found.

Categories