• admin
  • ,

Nilai jual mobil second hand sudah pasti turun jauh dibandingkan mobil baru. Jadi setiap setiap orang yang hendak membeli mobil seharusnya sudah siap dengan turunnya nilai kendaraan itu sendiri. Memang ada kalanya sebuah model mobil menjadi barang langka di pasaran dan harganya jual kembalinyapun tinggi. Tetapi sangat tidak dsarankan apabila anda membeli mobil dengan tujuan sebagai unit investasi untuk menambahkan nilai.

Pada satu sisi mobil bisa menjadi investasi bila anda melihat dari sudut lain selain nilai mobil itu sendiri. Misalnya mungkin saja anda dapat menghemat uang transportasi dengan membeli mobil tersebut. Atau juga meningkatnya kenyamanan anda yang tidak bisa dinilai dengan nominal uang.

Penurunan nilai rupiah pada sebuah mobil memang sebagian besar tergantung pada pasar. Apakah ada versi baru untuk model tersebut, merk lain yang sekelasnya, dan faktor-faktor lain. Tetapi harga juga ditentukan oleh keadaan mobil itu sendiri.Oleh karena itu kami memberikan beberapa tips yang harus anda perhatikan untuk menjaga nlai jual kembali mobil anda. Beberapa tips kami ambil dari majalah autocar indonesia.

  1. Keaslian Cat dan Kelengkapan Exterior Harus Tetap Dijaga
    Sebaiknya anda melakukan perawatan yang baik terhadap cat, seperti menjaganya dari baret dan kelengkapan eksterior seperti emblem, list bodi dan cutting stiker bawaan standar body. Hal ini menandakan bahwa mobil yang anda gunakan memang baik adanya dan selalu dirawat dengan kehati-hatian.
  2. Grand Vitara om Herry
  3. Menghilangkan Bunyi
    Bunyi-bunyian yang terdapat pada mobil lama di mesin, suspensi, stir, rem, dan interior harus dijaga karena faktor bunyi ini sebagai pertanda bahwa mobil terawat, tidak adanya gesekan atau beradunya komponen yang berasal dari mobil.
  1. Menghilangkan Rembesan
    Periksa di bawah kolong mobil dan lantai, apakah ada rembesan berupa oli, air atau bahan cair lainnya. Kalau memang ditemukan kebocoran jangan tunda lagi untuk melakukan pengecekan di bengkel karena ini adalah salah satu hal yang vital. 
  1. Kebersihan, Bau Tidak Sedap, Sarana dan Prasarana di Dalam Interior
    Pastikan interior kendaraan dalam keadaan bersih, dashboard yang masih mulus, tidak pudar, retak, ataupun patah, tombol instrumen berfungsi normal, dan tidak adanya debu, karat atau jamur yang menumpuk di berbagai sudut interior mobil.Hilangkan semua jenis bau-bauan yang tidak sedap. Beberapa penyebab bau dalam interior antara lain: rokok, kelembaban, kotoran dari sepatu, kopi, parfum badan. Bau-bauan seperti parfum badan mungkin tidak mengganggu anda karena itu adalah aroma favorit anda. Tetapi bau tersebut mungkin bukan pilihan calon pembeli mobil anda. Bila memang tercium bau-bauan seperti ini sebaiknya bawa mobil anda ke salon mobil (auto care center) untuk mendapatkan complete interior treatment.

     

  1. Kenyamanan Tetap Terjaga
    Di dalam kabin tetap harus terjaga kenyamanannya, jok yang tetap empuk, seatbelt yang bergungsi baik, juga AC yang menghembuskan udara dingin yang baik dapat mempertahankan kenyamanan di mobil. 
  1. Pemakaian Jok Kulit
    Bila mobil standard feature dari mobil anda belum menggunakan leather seat (jok kulit) maka penambahan jok kulit pada dapat meninggikan nilai mobil anda. Tetapi ada satu kendala. Belum tentu calon pembeli mobil anda suka dengan warna dan model jok kulit tersebut. Atau bahkan mungkin saja dia tidak suka dengan jk kulit.Oleh karena itu kami menyarankan agar anda menggunakan jok kulit yang berupa sarung, bukan tempel. Model sarung mengizinkan anda untuk melepas sarung kulit itu kapan saja anda mau sedangkan kulit yang ditempel tidak akan dapat dilepaskan tanpa merusak yang aslinya.

     

  1. Kelengkapan Surat-Surat
    Pastikan surat-surat mobil anda lengkap seperti BPKB terawat, STNK dan pajak yang hidup, buku servis, nota pembelian, faktur pajak, hingga polis asuransi yang lengkap menambah pamor mobil anda untuk dapat dijual dengan harga yang tinggi.
  1. Patuhi Jadwal Service dan Catat Baik-baik
    Buku jadwal service diberikan oleh pabrikan untuk membantu pemilik mobil mentaati anjuran perawatan. Nah sebaiknya anda mengikuti jadwal service seperti yang tertera pada buku tersebut. Catat baik-baik semua perawatan, kalau perlu simpan bukti-bukti yang diberikan oleh service center. Calon pembeli cenderung merasa lebih yakin akan kondisi mobil yang dirawat sesuai dengan jadwal.
  1. Penambahan Aksesoris
    Dengan mendambahkan aksesoris dapat mendongkrak harga jual mobil anda. Khususnya apabila anda aksesoris pada manufaktur yang dianggap sebagai genuine parts dan aksesoris. Penambahan aksesoris aftermarket seperti spoiler, bumper guard juga dapat mendongkrak harga, tergantung dari selera serta keinginan pembeli tentunya serta kualitas bahan aksesoris tersebut.Contoh yang sangat jelas terlihat adalah penambahan kaca film V-kool. Kaca film V-kool dikenal masyarakat dan terkenal kualitasnya sehingga penambahan kaca film ini menjadi nilai plus buat mobil anda.

     

  1. Jujur Terhadap Kondisi Mobil
    Ketika anda hendak menjual mobil sebaiknya anda jujur terhadap kondisi mobil, walaupun itu pahit. Tetapi pembeli menyukai penjual yang jujur.

Walaupun mobil secara umum terus menurun, tetapi setidaknya harga mobil anda bisa lebih tinggi daripada harga pasaran. Selamat mencoba.

Author: admin

An ordinary admin. Enjoying every little progress that made for being id-GV known by others trough social media and online site.

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Upcoming Events

No results found.

Categories

Follow me on Twitter