Langkah-langkah menambal coakan bekas tempat ban serep di mobil Grand Vitara:

1. Siapkan tanah liat sekitar 5 kg, fiberglass 3 lembar ukuran besar, lem fiber, karton isolasi, dempul, ampelas halus sekitar 3 lembar, epoksi, cat sewarna bodi 1 kaleng kecil, dan alat poles.

2. Copot ban serep berikut trim pintu. Kemudian mulai menge-mal coakan pintu yang sampai ke bumper dengan menggunakan tanah liat. Namun sebelum di-mal, ada baiknya sekeliling ditutupi isolasi agar tidak kena bodi yang lain.

3. Setelah tanah liat kering langsung dilapisi fiberglass dan tunggu beberapa jam. Jika bahan serat kaca itu sudah kering bisa diangkat secara perlahan.

4. Untuk meratakan bagian luar dengan bodi, mengemalnya menggunakan karton yang ditempeli tanah liat. Jika sudah padat, apisi fiberglass dan tunggu beberapa saat. Pastikan kalau bagian itu sudah kering bisa diangkat secara perlahan.

5. Sisi luar dan dalam langsung disatukan menggunakan fiberglass. Namun jangan lupa, bagian belakang ditanam baut terlebih dahulu disesuaikan dengan lubang hanger ban serep.

6. Selanjutnya tinggal dempul halus. Jika sudah rata dengan bodi, bagian itu bisa diampelas dengan tipe ampelas yang halus.

7. Setelah itu kasih epoksi, dan lanjutkan dengan pemberian cat dasar, kemudian penebalan cat. Kelar, penutup knock down ban serep dan bumper ini bisa tersemat manis. Supaya mengilap, penutup dipoles.

8. Langkah-langkah ini bisa diterapkan pada Toyota Rush, Daihatsu Terrios, dan Isuzu Panther. *

Memang, kebanyakan mobil jenis sport utility vehicle (SUV), penempatan ban serepnya menggantung di pintu belakang. Kalaupun mau dipindahkan ke dalam bagasi atau ke bagian bawah membuat tampilan kurang baik. Sebab, lokasi tempat ban serep itu meninggalkan cekungan lumayan besar. Karena itu perlu cara-cara menambal coakan bekas tempat ban serep agar terlihat rapi dan natural. Untuk menutupnya, itu bisa dikerjakan sendiri. Kebetulan, id-GV Indonesia Grand Vitara Community telah melakukannya. Contohnya, Grand Vitara milik Affan, sang Ketua id-GV (kini sudah mantan). Pintu belakang menjadi rata setelah ditutup menggunakan bahan fiberglass.

“Untuk buat seperti ini memang agak ribet. Namun, hasilnya lumayan,” ungkap Affan. Modalnya, lanjut pria berkacamata itu, sekitar Rp 1,8 juta. Tips menambal coakan bekas tempat ban serep ini bisa dipraktikkan pada kendaraan lain yang ban serepnya di pintu belakang.

Disarikan dari: http://internasional.kompas.com/read/2009/03/03/11495650/Menambal.Coakan.Ban.Serep.di.Pintu.Belakang

Berikut gambar grand vitara setelah owner menambal coakan bekas tempat ban serep:

Penampakan grand vitara tanpa ban serep

Penampakan grand vitara tanpa ban serep

Bagaimana menambal coakan ban serep di Grand Vitara

Setelah penambalan, lakukan finishing dengan membuat tempat plat

Cara menambal coakan bekasban serep di grand vitara

Ban serep di lepas, bagian bumper dipasang bodykit custom. Mantab!!

Author: admin

An ordinary admin. Enjoying every little progress that made for being id-GV known by others trough social media and online site.

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Upcoming Events

No results found.

Categories