Marilah sekarang kita membahas seputar masalah power steering karena minyak power steering bocor sangat membahayakan jiwa & keselamatan penumpang saat di perjalanan.

# Kasusnya :
Power steering yang bocor deras.
– Rack
– Pinion
– Piston
– Pompa
– Selang press
Semua sudah ganti baru & steering, ganti full set, tetapi masih masih bocor dan bocornya adalah bocor deras bukan bocor rembes. Karena minyak power steering bocor sangat membahayakan jiwa & keselamatan penumpang saat di perjalanan.
# Penjelasannya :
Kebocoran sebenarnya terjadi bukan masalah seal baru atau tidak tetapi ada beberapa analisa diantaranya sebagai berikut :
1. Rack steer dan pump baru benar2 baru atau rebuild di-blushing atau eks di-blushing.
2. Seal baru tidak akan menjamin jika housing nya sendiri telah luka atau karena kesalahan pemasangan seal pada reck steering.
3. Pump bocor bisa karena pisaunya sudah termakan sehingga tekanan yang dihasilkan tidak maksimal , kendala seperti ini biasanya stir terasa ringan kadang berat dan digas terasa ringan ini biasanya masalah pada pumpnya.
4. Penyakit umum pada power steering adalah seal akibat tidak pernah dilakukan flushing oil atau perawatan dan pengecekan kaki kaki secara rutin, namun pada case ini adalah instatlasi power steering baru sehingga berbeda case.
5. Kebocoran bisa terjadi karena pemasangan pipa atau selang pada drat yang miring dan kurang tepat.
6. Penyakit pada power steering model liquid memang menjadi sebuah dilema , diperbaiki biaya lumayan mahal dan saran erwin lebih baik ganti set jika masalah utama pada recj seteering atau set pada pump , dari sini akan menjadi sebuah solusi.
#Sarannya :
Gantilah minyak power steering secara rutin setahun sekali, pengerjaan yang mudah & bisa di bilang pengerjaan tanpa alat.

—-

Cara mengganti minyak power steering dengan di kerjakan sendiri.

Ada dua selang yang saling berhubungan namun berbeda pada tabung reservoir yang harus ketahui.
Selang yang memiliki ukuran paling besar merupakan selang yang menghubungkan reservoir ke pompa power steering yang memiliki tekanan yang tinggi. Sementara yang berukuran kecil memiliki fungsi mengalirkan oli dari gear box power steering ke reservoir dan memiliki tekanan yang rendah.

Lepaskan selang kecil tersebut lalu selang di masukkan ke botol kosong untuk menampung minyak power steering kotor, tutup lubang bekas selang kecil dari selang yang di cabut tadi dengan plastik & di karetin. Pada tahap ini telah siap untuk melakukan pengurasan pada oli lama power steering dengan menghidupkan mesin sambil tuangkan minyak yang baru sampai pada batas pengisian karena minyak lama akan keluar ke botol kosong.

Pada proses pengurasan ini tabung reservoir akan kosong dikarenakan pengisian gear box power steering dan hal ini juga memastikan power steering tidak kemasukan udara. Cek apakah minyak power steering yang dikeluarkan telah berubah warna menjadi bening, jika sudah bening minyak power steering yang keluar segera matikan mesin kendaraan.

Warna oli lama sendiri menjadi bening dikarenakan masuknya oli baru yang menggantikan posisinya. Kembalikan posisi selang kecil seperti sedia kala lalu isi reservoir jika belum mencapai batas. Saat proses hidupkan mesin untuk minyak power steering bisa bersirkulasi ini minyak power steering di tabung reservoir di jaga jangan sampe kosong total.

Selanjutnya, keluarkan udara yang mungkin masuk pada saat pengurasan dengan memberikan sirkulasi pada sistem power steering. Nyalakan mesin kendaraan , lalu putar kemudi ke arah kiri atau kanan secara penuh , hitung mundur 10 detik dengan memutar berlawanan arah lalu kembalikan posisi setir ke netral. Hal ini perlu dilakukan berkali-kali hingga suara getaran hilang.

Lalu pasang kembali selang kecil ke tabung reservoir & periksa lagi tingkat oli pada tabung reservoir jika di rasa sudah pas dan tutup rapat.

Jangan lupa saat akan mengerjakan cucilah tangan dulu.

========

Q=Ada Sealant/Cinditioner Power Steering, biasanya digunakan / berfungsi untuk menghambat kebocoran seal. Adakah pengaruhnya dengan menambahkan Semacam additive (Sealer Oli PS) itu? Maksudnya Baik tidak?
A= Pengaruh pasti ada & pengaruhnya justru baek agar kemudi steer tetap terasa ringan juga membantu meminimalis kebocoran2 pada seal2. Jadi power steering conditioner ini sangat di anjurkan untuk dipakai & caranya tinggal di campurkan aja ke dalam tabung reservoir minyak power steering. Merknya wealthy. Tapi tetap jangan lupa di setiap setahun sekali kuras/flushing minyak power steeringnya.

minyak power steering di gand vitara

Tips ini diasuh oleh Uncle Erwin

Author: admin

An ordinary admin. Enjoying every little progress that made for being id-GV known by others trough social media and online site.

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Upcoming Events

No results found.

Categories