Plafon mobil merupakan salah satu bagian didalam kabin, seiring pemakaian mobil, bagian yang satu ini sering terlupakan untuk dirawat dan cukup sulit untuk dibersihkan, karena plafon biasanya dilapisi dengan kain khusus. Namun meskipun telah dilakukan perawatan yang baik, plafon mobil juga tetap akan mengalami masa kerusakan dikarenakan faktor usia mobil itu sendiri.

Kerusakan umum yang terjadi pada plafon mobil karena faktor umur adalah terkelupasnya lapisan dan lem yang merekatkannya. Antara mobil Eropa dan Jepang memiliki karakter kerusakan yang sangat berbeda, hal ini karena memiliki perbedaan konstruksi plafon. Jika berbicara masalah kerusakan plafon,

Mobil Eropa biasanya mengalami plafon yang menjadi turun (kendor) dalam jangka waktu kurang lebih 5 tahun, tergantung merk dan jenis mobil. Kerusakan disebabkan daya rekat lem lapisan plafon sudah hilang, hal ini dikarenakan faktor perbedaan iklim antara Eropa dengan Indonesia. Sedangkan untuk mobil Jepang, mengalami pengelupasan pada lapisan plafon disekitar jahitan yang membuat plafon terlihat kotor seperti bercak bekas air. Dikarenakan konstruksi plafon mobil Jepang memakai besi dan lapisan yang dijahit, plafon tidak akan turun seperti mobil Eropa.

plafon mobil grand vitara - car ceiling

Plafon memiliki berbagai lapisan yaitu biasanya berupa busa, lapisan peredam lainnya dan kain pada lapisan luarnya agar terkesan nyaman. Setiap lapisan tersebut memiliki fungsi sesuai dengan standar pengunaan yang telah ditetapkan oleh produsen mobil.

Plafon mobil memiliki berbagai fungsi yaitu :

  1. Sebagai peredam panas khususnya pada siang hari. Pada mobil yang berwarna gelap seperti hitam (karena warna gelap menyerap sinar matahari).
  2. Peredam suara yang diakibatkan oleh suara yang berasal dari dalam dan luar mobil.
  3. Memperindah tampilan interior mobil.

Beberapa cara untuk membuat plafon ini lebih terawat dan awet :

Membersihkan debu
Debu sering menempel pada plafon ketika debu menempel lama kelamaan akan membuat kerak sehingga menempel di plafon. Biasanya plafon dapat berdebu ketika pintu atau mobil terbuka semakin sering pintu atau jendela terbuka maka semakin sering debu masuk. Anda dapat membersihkan dengan vacum cleaner yang daya hisapnya tidak terlalu kencang agar plafon tidak kendur dan dapat membersihkan sekitar sebulan sekali.

Parkir Ditempat Teduh
Hindarkan memarkir kendaraan yang berada dibawah terik sinar matahari. Panas sinar matahari yang ekstrim sedikit demi sedikit dapat membuat lapisan lem hilang daya rekatnya. Karena lem hilang daya rekatnya maka plafon akan kendor, jadi usahakan cari tempat parkir yang teduh atau indoor.

Hindarkan perilaku yang membuat plafon sobek atau bolong
Perilaku buruk yang sering menyebabkan Plafon cepat rusak adalah seperti memaksakan membawa barang yang melebihi kapasitas kabin hingga menekan plafon, selain itu kebiasaan merokok didalam mobil juga perlu dihindari. Kedua perilaku ini salah satu yang mampu membuat lapisan plafon robek ataupun bolong.

Membersihkan dengan Cairan Khusus
Sebaiknya anda merawat plafon dengan cara membersihkan dengan cairan khusus (produk after market) yang digunakan untuk membersihkan serat kain. Pemakaian cairan tersebut jangan  terlalu basah (sedikit kering) sehingga lem yang terdapat pada plafon tidak hilang daya rekatnya. Anda dapat membersihkan plafon secara rutin minimal sebulan sekali.

situsotomotif

Author: admin

An ordinary admin. Enjoying every little progress that made for being id-GV known by others trough social media and online site.

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Upcoming Events

Categories

ADS