Meskipun keberadaan gas nitrogen yang digunakan untuk mengisi tekanan pada ban sudah cukup lama, namun masih banyak juga pengendara yang masih tidak mengetahui apa manfaat yang bisa didapat jika ban kendaraan diisi dengan gas nitrogen.

Meski sedikit lebih mahal dibandingkan memakai angin biasa, ban yang memakai nitrogen punya banyak manfaat dibanding jika ban yang masih menggunakan angin biasa. Manfaat yang didapat jika ban memakai nitrogen diantaranya adalah :

1.Pertama yang bisa dirasakan adalah bantingan suspensi mobil akan terasa lebih lembut dibandingkan jika ban masih menggunakan angin biasa. Hal ini karena gas nitrogen mampu menjaga elastisitas ban yang dipakai, sehingga kelenturan karet ban dapat terjaga.
2.Nitrogen dapat menutup pori-pori karet ban dengan baik, sehingga tekanan ban dapat bertahan lebih lama, kurang lebih hingga 1 bulan lamanya, sangat berbeda dengan angin biasa yang umumnya setelah 4 atau 5 hari tekanannya akan berkurang. Selain itu nitrogen juga dapat memberi lapisan semacam oil, sehingga bagian dalam ban tidak cepat kering.
3.Nitrogen tidak mudah memuai dan terpengaruh suhu panas, sehingga tekanan ban dengan nitrogen akan mampu stabil saat kondisi ban sudah terpengaruh suhu panas, entah itu saat mobil melaju pada kecepatan tinggi seperti saat melintasi jalan tol ataupun saat kondisi pemukaan jalan mulai panas. Sehingga dengan nitrogen resiko pecah ban akibat tekanan ban yang meningkat dapat dikurangi.
4.Dalam keadaan darurat, seperti saat ban bocor, nitrogen tetap dapat dicampur dengan angin biasa. Namun sebaiknya, jika telah menemukan bengkel yang dapat mengisi ban dengan nitrogen, maka secepatnya tekanan ban dikuras dan kembali di isi dengan nitrogen.

Untuk mengisi ban dengan nitrogen, ban yang tadinya masih menggunakan angin biasa itu harus dikuras terlebih dahulu, kurang lebih biaya untuk pengurasan dibanderol serta pengisian awal dengan nitrogen itu 20 ribu rupiah per satu ban, sedangkan untuk jika hanya menambah dikenakan biaya 10 ribu rupiah per satu ban. Pada umumnya setelah ban diisi nitrogen, maka penutup pentil akan diganti dengan yang berwarna hijau terang sebagai tanda.

Dulu, tempat pengisian nitrogen untuk ban umumnya hanya ada pada bengkel besar saja, tidak seperti pengisian angin biasa yang bisa ditemukan dipinggiran jalan atau bengkel skala kecil. Sekarang, di SPBU biasanya sudah ada pengisian Nitrogren. Dengan nitrogen, pengendara mendapatkan rasa aman dan nyaman yang lebih saat berkendara.

Isi Ban GV dg Nitrogen

Author: admin

An ordinary admin. Enjoying every little progress that made for being id-GV known by others trough social media and online site.

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Upcoming Events

No results found.

Categories

Follow me on Twitter