Salah satu faktor yang membuat borosnya konsumsi bbm saat berkendara ternyata tak hanya faktor mekanis saja, juga berhubungan dengan banyak hal:
– Cara berkendara.
– Komponen yang aus.
– Tidak disadari seperti tekanan angin ban yang kurang.

Menjaga tekanan angin yang sesuai ukuran, membuat agar lebih awet ban dan berkendara juga lebih aman itu wajib, tapi efeknya pada konsumsi bahan bakar adalah hal yang tak banyak dihiraukan atau ngga di sadari.

Tekanan angin yang kurang atau under inflated akan menyebabkan keausan pada ban di bagian bahu & mempengaruhi laju kendaraan karena beban semakin berat.

Karena beban jadi lebih berat, putaran mesin cenderung akan meraung atau harus berada di rpm lebih tinggi untuk bisa menggulirkan roda pada putaran normal & rpm tinggi inilah yang membuat konsumsi bbm lebih boros.

Idealnya, di setiap adanya penurunan tekanan angin ban 1 pound per squence inchi (psi) akan menaikan konsumsi bahan bakar sebesar 0,4 persen, jadi jika menggunakan ban standar bawaan pabrikan mobil, besarnya tekanan yang dianjurkan harus sesuai dengan label info yang tertera/menempel di pilar pintu atau di posisi lain yang ditunjukan dalam buku manual.

Sebaiknya tekanan angin ban di lakukan pengecekan setiap :
– Sering jarak jauh / luar kota ya seminggu sekali.
– Selalu di dalam kota ya sebulan sekali.

So, Jangan lupa cek rutin ya guys.

CEK TEKANAN BAN

Author: admin

An ordinary admin. Enjoying every little progress that made for being id-GV known by others trough social media and online site.

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Upcoming Events

Categories

Follow me on Twitter

ADS