Masih berkaitan dengan topik sebelumnya ttg sludge dan pengaruhnya ke mesin tulisan paman Erwin, Berikut tulisan om Ayik mengenai sludge juga.

Selamat sore om om semua

😘 ijinkan saya menuliskan beberapa hal mengenai sludge dalam mesin.

Olrait…..
Nah bagaimana cara membersihkan penumpukan oli pada daerah tersembunyi ataupun menghilangkan varnish, sludge dan karbon dalam mesin, tanpa membongkar mesin adalah dengan memasukkan ENGINE FLUSH ke dalam mesin. jadi saat akan ganti oli sebelum oli lama dibuang, masukkan engine flush lalu hidupkan mesin kurang lebih 15 menit posisi stationer / idle.
kemudian matikan mesin & buang oli lama yang telah bercampur engine flush tadi & selanjutnya WAJIB ganti oli filter & masukkan oli baru dalam mesin.

Keberadaan sludge & varnish pada mesin sebenarnya bisa diCEGAH dengan melakukan 1x engine flush setiap 5x ganti oli mesin.
mengapa demikian , karena engine flush berfungsi sebagai detergen yang mampu mengangkat lumpur oli atau sludge & varnish serta karbon dalam mesin dan sebagian kotoran tersebut akan terbawa ke oli filter karena itu oli filter harus wajib diganti.

Kemudian akan timbul pertanyaan:
– apakah tidak merusak mesin karena oli akan menjadi encer setelah dicampur engine flush??

# jawabannya :
– pastinya tidak karena hal ini telah dipikirkan & dibuat oleh para ahlinya dengan melakukan pengujian selama bertahun2 di laboratorium.
engine flush selain zat ditergent yang kuat dan tidak berefek negative terhadap seal juga telah dicampurkan kimia khusus anti frection sehingga tetap dapat melindungi part saat proses pembersihan berlangsung.

Maka dari itu:
– wajib & disiplin ganti oli mesin sesuai intervalnya.
– memakai oli yang berbasic full synthetic karena oli basic ini dapat mengontrol / mencegah terjadinya endapan & mengandung detergent yang lebih baek.
– memakai merk oli yang berkualitas.
– jangan salah dalam memilih oli terutama perhatikan di sae nya , api service nya & jumlah liter (volume) yang masuk ke dalam mesin.

Semoga bermanfaat

Author: admin

An ordinary admin. Enjoying every little progress that made for being id-GV known by others trough social media and online site.

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Upcoming Events

No results found.

Categories

ADS