Kini, mari kita simak topi mengenai engine brake.

Saat jalanan menurun dengan tingkat sedang atau curam, untuk memperlambat laju kendaraan janganlah selalu hanya mengandalkan rem aja.

Sedikit paman Erwin berbagi tips dengan memanfaatkan engine brake dapat membantu kinerja rem, sehingga kinerja rem tidak berat.

Karena beban pengereman yang terlalu berat akan membuat sistem rem menjadi panas secara berlebih.
hal tersebut dapat mengakibatkan rem menjadi kurang responsif atau bahkan blong & tentunya pasti sangat berbahaya dalam perjalanan.

Oleh karena itu, ada baiknya sedikit kita sama sama mempelajari cara melakukan engine brake dengan benar untuk mobil dengan transmisi manual ataupun transmisi otomatis.

CARA ENGINE BRAKE MOBIL MANUAL

– Mobil dengan transmisi manual, engine brake dapat dilakukan dengan cara menurunkan posisi transmisi ke posisi yang lebih rendah.
Namun sebelum itu perlu diperhatikan untuk menurunkan posisi transmisi secara “bertahap” agar tidak menimbulkan kerusakan mesin & selain itu perhatikan pula putaran mesin yang sedang berjalan agar mesin tidak terhentak secara mendadak karena pada umumnya, engine brake dapat dilakukan saat putaran mesin berada di kisaran 3.000 rpm untuk mengurangi laju kendaraan dan putaran mesinnya.

CARA ENGINE BRAKE MOBIL MATIC

– Secara prinsip teori engine brake pada mobil matic juga dilakukan dengan melakukan down shift sama seperti pada mobil manual.untuk transmisi yang memiliki fitur over drive atau O/D, kita dapat menontaktifkan fitur tersebut untuk dapat menurunkan posisi transmisi. hanya saja, engine brake yang diperoleh tidak terlalu signifikan.

– Untuk engine brake mobil matic yang tidak memiliki pilihan over drive, ini dapat langsung menurunkan posisi transmisi dari D ke 3, 2 atau juga posisi L, namun yang perlu diperhatikan sama seperti mobil manual, rpm mesin harus dalam posisi yang tepat saat melakukan down shift & umumnya, transmisi dapat dipindah saat rpm tidak berada pada red line.
Jika tidak, maka mobil akan mengentak dan terasa kurang nyaman.

Untuk sahabat2 di idGV yang mudik melewati jalan daerah pergunungan, tips ini bisa di coba demi untuk menambah keselamatan.

maturu nuwun

Bagaimana? Cukup membantu bukan, ide-ide yang dikompilasi oleh paman Erwin ini?

ngerem pake engine break

Engine break utk kerja rem grand vitara ringan

Author: admin

An ordinary admin. Enjoying every little progress that made for being id-GV known by others trough social media and online site.

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Upcoming Events

No results found.

Categories

Follow me on Twitter